Home » , , » Undip Terima Penghargaan Lingkungan

Undip Terima Penghargaan Lingkungan

Written By Khoierzblogs on Jumat, 30 November 2012 | 09.25

HARSEM/DOK
Prof Sudharto P Hadi memamerkan penghargaan yang diterimanya.
KARENA kepeduliannya untuk menanam pohon di lingkungan kampus, baru-baru ini Undip memperoleh penghargaan sebagai kampus peduli tanam pohon oleh Kementrian Kehutanan RI.

Penghargaan diberikan dalam rangka peringatan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam pohon nasional 2012 yang diberikan kepada 31 organisasi dan individu lainnya. Penghargaan ini diberikan langsung oleh menteri Kehutanan dan disaksikan oleh Presiden RI di area hutan kota bandara Soekarno Hatta Provinsi Banten.

Penghargaan diberikan karena Undip dipandang dan dinilai memiliki kepedulian tinggi untuk melakukan penghijauan lingkungan kampus sehingga menjadi asri sejuk dan sehat.

Pada sambutannya, Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, para penerima penghargaan adalah pahlawan lingkungan yang mampu menciptakan kelestarian alam dan mendukung program pembangunan berkelanjutan.

“Mereka adalah umat atau hamba Tuhan yang paling terpuji karena selalu dekat dan bersahabat dengan alam yang merupakan karunia Tuhan,” jelasnya.

Menurutnya, para calon pemimpin masa depan haruslah pemimpin yang memiliki komitmen dan peduli terhadap lingkungan.

“Ke depan akan digagas tentang pendidikan peduli lingkungan. Dalam kurikulum mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA akan dimasukkan pelajaran teori dan praktek mencintai lingkungan, pohon dan alam semesta,” paparnya.

Bukti Keberhasilan
Berkaitan dengan budaya menanam pohon, yang terpenting adalah aksi dan pelaksanaannya. “Dalam forum internasional, Indonesia tidak lagi berdebat soal apa yang mesti dilakukan dengan perubahan iklim. Karena Indonesia sudah melakukannya dengan sebaik mungkin melalui kegiatan mengurangi emisi karbon dan menanam satu miliar pohon setiap tahun,” urainya.

Dikatakan, dalam kegiatan penghijauan Indonesia menerapkan prinsip to take action bukan to talk only meskipun banyak yang skeptis. “Tetapi yang terpenting kita punya hak untuk menanami bumi kita,” jelasnya.

Sementara, Rektor Prof Sudharto P Hadi mengungkapkan, penghargaan tersebut merupakan apresiasi dan kepercayaan terhadap program penghijauan kampus yang sudah dilakukan selama ini.

“Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan pimpinan tetapi menjadi bukti keberhasilan semua warga kampus Undip,” jelasnya.

Ke depan, pihaknya sudah merencanakan akan semakin banyak menanam pohon. Terutama di wilayah-wilayah kampus yang masing gersang. (awi/nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger