Home » , » Kampus Jangan Jadi Penonton Demokrasi

Kampus Jangan Jadi Penonton Demokrasi

Written By arnoldy septiano on Kamis, 17 Januari 2013 | 09.21

HARSEM/HARTATIK-SM NETWORK
Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) 2013 Prof Laode M Kamaluddin (kiri) memberikan penjelasan pada konferensi pers, kemarin.

SUDAH saatnya perguruan tinggi memainkan peran penting dalam mewujudkan demokrasi. Partisipasi itu ditunjukkan dengan mendorong semua elemen bangsa untuk berperan serta menyukseskan pemilihan umum agar berlangsung jujur, bebas, langsung dan adil.

Musyawarah Nasional (Munas) Forum Rektor Indonesia (FRI) ke-XV akan mengangkat tema ''Kepemimpinan Indonesia dalam Menyongsong Era Asia''. Munas digelar 17-19 Januari, dihadiri Wakil Presiden Boediono sejumlah menteri.

Ketua FRI 2013 Prof Laode M Kamaluddin mengatakan, selama ini perguruan tinggi hanya menjadi penonton. Semestinya perguruan tinggi berperan aktif mengawal demokrasi.

''Peran ini akan kami kukuhkan dengan penandatanganan FRI dan KPU pada saat munas. Kerja sama ini nantinya ditindaklanjuti antara perguruan tinggi dengan KPU daerah,'' terangnya, kemarin saat konferensi pers di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Dia berharap, kerja sama ini bisa menghasilkan sinergitas yang baik antara perguruan tinggi dengan KPU. Sinergitas ini dalam bentuk kegiatan sosialisasi penyelenggaraan pemilu yang demokratis, mulai kalangan mahasiswa hingga umum.

Meski begitu, Laode mengingatkan agar perguruan tinggi secara institusional harus steril dari politik praktis. Adanya pembelahan masyarakat sesuai kepentingan yang diusung serta adanya cedera janji dan politik yang bernuansa partisan menjadikan institusi penting dalam kehidupan bangsa ini harus dilindungi.

Laode akan menggantikan Ketua FRI periode 2012 Prof Usman Rianse. Serah terima jabatan akan dilaksanakan pada munas tersebut. (J9-SM Network/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger