Home » , » Siswa Antusias Ikuti Lomba Memasak

Siswa Antusias Ikuti Lomba Memasak

Written By arnoldy septiano on Jumat, 25 Januari 2013 | 09.35

HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI
Sejumlah siswa tengah mengikuti kegiatan memasak di sekolah.
MENARIK melihat pemandangan di SDIT Bina Amal Semarang Rabu (22/1) lalu. Para siswa kelas empat sibuk membuat beragam makanan dan minuman berbahan dasar ubi dan singkong. Mereka belajar memasak untuk mengisi puncak tema yang diadakan dua kali per semester.

Penanggung jawab kegiatan, Yunita Istiqomah mengatakan, ada kriteria penilaian. Di antaranya kekompakan tim, kreativitas memilih menu, kerapian dan kebersihan, serta cita rasa.

"Kami membagi 87 siswa dari tiga ke dalam 15 kelompok. Jadi masing-masing kelompok 5 atau enam anak," ujarnya kepada Harsem.

Beberapa hasil kreasi siswa di antaranya jus alpukat campur pisang, roti bakar pisang, dan es buah pisang. "Sebetulnya kami meminta siswa membuat satu menu saja. Tapi kebanyakan membuat makanan dan minuman. Bahan dan alat memasak, membawa sendiri dari rumah," jelasnya.

Untuk menambah semangat siswa, dipilih juara I, II, III. "Tapi belum kami tentukan, nanti pengumumannya saat upacara. Supaya semua siswa sekolah tahu siapa juaranya," ujarnya.
Dia mengatakan, tujuan acara yaitu untuk melatih kemandirian para siswa.  "Selain itu juga untuk melatih kreativitas dan tanggung jawab," ujarnya.

Puncak tema dilaksanakan di setiap tingkatan kelas. "Kalau untuk siswa kelas satu hingga tiga, dalam satu semester. Puncak tema bisa dilakukan tiga hingga empat kali," ujar wali kelas empat ini.

Sebelumnya, untuk kelas empat, puncak tema yang pernah dilakukan antara lain berkebun dan one day market. "Untuk berkebun, sebetulnya kami akan mengajak anak-anak mengunjungi perkebunan organik di Gunungpati. Tapi karena harus antri, akhirnya dialihkan ke Duniaku Pintar di PRPP," jelasnya.

Sedangkan, dalam one day market, para siswa diminta berbelanja ke pasar Bulu. "Setiap kelompok kami beri uang belanja Rp 30 ribu. Mereka diminta berbelanja empat sehat lima sempurna serta jajanan pasar," tukasnya. (awi/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger