Home » , , » Libur Sekolah, Siswa SMK Belajar Bertani

Libur Sekolah, Siswa SMK Belajar Bertani

Written By Ahmad Sahid on Rabu, 03 Juli 2013 | 10.27

HARSEM/SMNetwork/ MH Habib Shaleh
Siswa MK Muhammadiyah Bandongan Satu mengisi liburan sekolah  dengan belajar bertani di Desa Sukoyoso, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.


BANDONGAN- Sebagian besar siswa mengisi waktu ibur sekolah dengan berkumpul keluarga atau pergi ke lokasi wisata. Namun 164 pelajar SMK Muhammadiyah Bandongan Satu (SKM Mutu) justru memilih belajar pertanian.
                Dengan ditemani 12 guru pembimbing, mereka tinggal selama empat hari di Desa Sukoyoso, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Para siswa tersebut juga tinggal di rumah penduduk.
                Ketua Panitia Bakti Masyarakat Karmadi mengatakan selama tinggal di rumah petani, siswa diwajibkan untuk mengikuti cara hidup petani dan sekaligus membantu pekerjaan sehari-hari mereka. "Anak-anak tinggal di rumah penduduk. Mereka ikut bantu-bantu warga," ujar Karmadi, kemarin.
                Selain itu, kata dia, siswa juga membantu petani dalam mengerjakan lahannya seperti menanam cabai, bawang merah, merumput, mencari kayu bakar dan menjual sayur ke pasar. "Ada juga siswa yang  ikut memperbaiki motor di bengkel. Apa yang dilakukan siswa sesuai pekerjaan masing-masing warga," kata dia.
                Salah satu siswa Nova mengaku antusias mengikuti kegiatan ini karena bisa melatih mereka untuk menghormati orang lain, berjiwa mandiri, tanggung jawab, kerja sama dan saling empati satu dengan yang lainnya.
             "Bagi saya kegiatan home stay ini lebih menarik daripada kegiatan camping. Manfaatnya bisa dirasakan langsung masyarakat dan kita sendiri," aku Nova.
                Menurut Kadus Sukoyoso Didik Widiyanto kegiatan home stay ini merupakan kali kedua dilakukan di kampungnya. "Kegiatan seperti ini lebih bagus karena bisa membantu warga dalam menggarap sawah," kata dia.
                Didik meminta kegiatan home stay ini bisa diperpanjang menjadi 10 hari agar siswa dan warga bisa lebih lama berinteraksi. Kehadiaran siswa SMK Mutu ini juga diharapkan  bisa mendorong warga desa untuk termotivasi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
                Sementara itu, Kepala SMK Mutu Bandongan Drs Sularta memberikan apresiasi kepada masyarakat Dusun Sukoyoso yang telah bekerja sama dalam pengembangan sekolah melalui kegiatan home stay ini. Dia juga sempat memberikan kenang-kenangan berupa peta Dusun Sukoyoso. (H66/SMNetwork/njs)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger