Home » , , » UKT Berlaku Semua Jalur Penerimaan

UKT Berlaku Semua Jalur Penerimaan

Written By Ahmad Sahid on Senin, 08 Juli 2013 | 09.38

Foto : Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi-HARSEM/WARA MERDEKAWATI


Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberlakukan untuk semua jalur penerimaan mahasiswa baru (SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri atau UM). Dengan demikian dapat dipastikan bahwa biaya pendidikan pada jalur Ujian Mandiri tidak akan lebih mahal disbanding jalur SNMPTN dan SBMPTN. Demikian disampaikan Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, kemarin.

“Prinsip UKT meringankan beban mahasiswa dan membantu mahasiswa dari kalangan tidak mampu. Meringankan mahasiswa, karena UKT yang dibayarkan per semester sudah termasuk biaya laboratorium, KKN, KKL bahkan asuransi mahasiswa,” jelasnya.

Sudharto menuturkan, membantu mahasiswa miskin merupakan bentuk dari subsidi silang artinya mereka yang kaya dan mampu harus membayar lebih tinggi dibanding yang miskin.

“Mahasiswa tidak mampu ada di semua jalur penerimaan mahasiswa baru. Di jalur SNMPTN diperoleh data semua program studi mengalokasikan jenjang UKT pertama (0-Rp 500.000,-) dan kedua (Rp 500.000,- sampai Rp 1.000.000,-) masing-masing 5% dari jumlah mahasiswa yang diterima. Hal ini juga akan dilakukan untuk jalur SBMPTN dan UM,” tuturnya.

Dikatakan, untuk alokasi bidik misi untuk tahun 2013 sebesar 800 mahasiswa. Dengan demikian, jumlah mahasiswa tidak mampu yang dibantu minimal 20% dari jumlah mahasiswa yang diterima tahun 2013. Jika permintaan Undip untuk menambah alokasi Bidik Misi sebesar 200 orang diterima, bisa dipastikan jumlah mahasiswa miskin yang dibantu akan lebih dari 20%.
Bisa Ajukan Banding

Bagi orang tua calon mahasiswa yang diterima di jalur SBMPTN dan UM, jika merasa keberatan dengan UKT yang ditetapkan oleh Undip bisa mengajukan keberatan (banding) sekali saja melalui online dan tidak perlu datang ke kampus.

“Kami akan melakukan verifikasi dan mengumumkan lagi melalui on line. Dihimbau agar orang tua/wali dengan jujur menyampaikan data penghasilannya. Jika ditemui ketidakjujuran setelah diverifikasi kelulusannya akan dibatalkan,” jelasnya.

Hal ini juga diberlakukan untuk para mahasiswa penerima bidik misi, jika ditemukan bahwa mereka memanipulasi data, maka kelulusannya akan dibatalkan.

“Tahun lalu Undip masih mentolerir dengan hanya membatalkan penerimaan bidik misinya dan masih diterima sebagai mahasiswa regular. Tetapi tahun ini semua rektor PTN sepakat untuk mengambil tindakan tegas, ” tandasnya. (wam)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger