Home » , , » OJK Gandeng Unwahas Soal Literasi Keuangan

OJK Gandeng Unwahas Soal Literasi Keuangan

Written By nur rochkimatul on Rabu, 06 November 2013 | 10.40

 Rektor Unwahas Dr Noor Achmad (kiri) bersama Komisioner OJK dan pihak perguruan tinggi seusai penandatangan MoU
SEMARANG-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu perguruan tinggi yang diajak bekerja sama adalah Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang.
    
Adapun delapan perguruan tinggi yang mendapat kepercayaan menjadi rekan OJK diantaranya, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Trisakti, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Unwahas. Bidang kerja sama yang akan dilakukan OJK dengan perguruan tinggi tersebut termasuk Unwahas yakni untuk memberikan literasi keuangan dan perlindungan pada masyarakat. Sebab akhir-akhir ini terdapat sejumlah kasus praktik-praktik penipuan jasa keuangan.
    
Rektor Unwahas, Dr Noor Achmad mengatakan, dewasa ini banyak sekali praktik penipuan investasi bodong yang menjanjikan bunga tinggi. Disamping itu juga membawa-bawa agama dalam menawarkan jasa investasinya.
    
"Mengantisipasi hal itu kami dari perguruan tinggi juga turut bertanggung jawab untuk memberikan literasi atau informasi pada masyarakat," ungkapnya saat ditemui, kemarin.
    
Upaya dalam bidang akademik yang dapat dilakukan Unwahas adalah dengan menyelenggarakan mata kuliah tentang literasi jasa keuangan.

"Direncanakan nanti yang akan mengajar dari pihak OJK. Sebab kedepan OJK juga akan dibentuk di daerah-daerah," kata Rektor.
    
Disamping itu dalam rangka memberikan literasi kampus akan mendirikan Pojok OJK atau Unwahas Sekuritas yang berfungsi memberikaan informasi serta konseling pada masyarakat.
    
Sementara itu, Komisioner OJK Muliaman menyampaikan, nota kesepahaman (MoU) tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen OJK untuk meningkatkan literasi keuangan, akses, dan perlindungan konsumen jasa keuangan .
    
''Kami berharap dapat sinergi dengan pihak perguruan tinggi di bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat untuk bidang jasa keuangan. Tidak hanya akses masyarakat terhadap sektor keuangan yang penting, tetapi juga perlu pengelolaan keuangan yang baik, sehingga disinilah peran perguruan tinggi,'' katanya. (K3/SMNetwork/njs)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger