Home » , , » Seluruh Wakil Jateng Gondol Medali Kompetisi Sains Madrasah Nasional

Seluruh Wakil Jateng Gondol Medali Kompetisi Sains Madrasah Nasional

Written By nur rochkimatul on Senin, 11 November 2013 | 10.53

Semua peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) asal Jateng membawa pulang medali, yakni 4 emas, 4 perak dan 3 perunggu. Mereka berfoto bersama Ketua Kontingen Jateng Akhmad Su'aedi SPd di sela-sela acara penutupan.
MALANG - Provinsi Jateng mengirimkan sebelas (11) delegasi ke ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional di Malang, 5 - 9 November. Dan, seluruh wakil Jateng tersebut berhasil meraih medali di ajang paling bergengsi tersebut. Perinciannya 4 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu.
    
Medali emas bidang Matematika tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) diraih Hafidz Nurrohman Ghozali (Karanganyar) sekaligus sebagai the best explorasi, Matematika Madrasah Tsanawiyah (MTs) oleh Muhammad Noor Assiqin (Jepara), Fisika MTs diraih Narizka Nanda Purwodani (Kebumen) dan Fisika Madrasah Aliyah (MA) oleh Ahmad Hasan Asy’ari (Demak) sekaligus sebagai the best experiment. Adapun Ema Nuzula Fatmah siswi MAN 2 Kudus meski mendapatkan medali perak bidang Biologi tetapi terpilih sebagai the best experiment.      Selain KSM, di tempat yang sama juga digelar Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma). Untuk Aksioma, Jateng meraih emas atas nama Nadia Putri Salsabilan asal Banjarnegara dari lomba pidato bahasa Indonesia tingkat MI. Selain itu, Inayatul May asal Temanggung juga meraih emas dari lomba lari 100 meter putri tingkat MTs. Adapun total medali yang dibawa pulang kontingen Aksioma Jateng 9 keping, terdiri atas 2 emas, 3 perak dan 4 perunggu. Terpilih sebagai juara umum KSM dan Aksioma adalah kontingen tuan rumah Jawa Timur.
    
Meskipun belum berhasil meraih juara umum, keberhasilan kontingen Jateng meraih banyak medali tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak. Kakanwil Kemenag Jateng Drs H Khaeruddin MA, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Drs H Jamun Effendi MPdI, dan seluruh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten/Kota se-Jateng hadir di Malang dan memberikan dukungan bagi kontingen Jateng untuk berprestasi di ajang tersebut.
    
Tangisan haru memenuhi suasana penutupan kompetisi seni, olahraga dan sains madrasah di GOR Gajayana Malang. Setiap kali panitia menyebut nama peserta sebagai peraih juara, langsung disambut dengan teriakan suporter dan tangisan haru sang juara.
    
Ajang kompetisi yang dikemas Kementerian Agama dengan sebutan Aksioma (Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah) dan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) memang menjadi wahana untuk mengukur kemampuan siswa dan sekaligus keberhasilan madrasah dalam meningkatkan kemampuan di bidang seni, olahraga dan ilmu pengetahuan,  kata Direktur Pendidikan Madrasah Prof Dr HM Nur Kholis Setiawan MA.
    
Menurutnya, kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang tangguh di bidangnya dan mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan ini juga peserta dapat melatih dan terbiasa untuk selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh karena itu, KSM  merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan di atas.
    
Adapun Aksioma diharapkan dapat dijadikan ajang untuk mengembangkan potensi peserta didik pada bidang olahraga dan seni sebagai instrumen untuk mengukur kompetensi siswa dan mutu madrasah. Dalam penyelenggaraan KSM tahun ini memperebutkan 11 medali emas, sedangkan Aksioma 54 medali emas. (D10/SMNetwork/njs)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger