Home » , , , , » Hari Pertama, Pembelajaran Belum Normal

Hari Pertama, Pembelajaran Belum Normal

Written By Arind on Rabu, 07 September 2011 | 12.49

HARSEM/SOKHIBUN NI’AM
Sejumlah siswa di SD Negeri Beringin 02 Semarang bermain usai mengikuti halal bihalal kemarin
Oleh Sokhibun Ni’am

Mayoritas sekolah memanfaatkan hari pertama masuk sekolah untuk berhalal bihalal. Kegiatan pembelajaran baru dimulai hari ini.

HARI pertama masuk sekolah setelah libur Lebaran, kemarin), mayoritas sekolah di belum melangsungkan kegiatan belajar-mengajar secara normal. Mereka memanfaatkan hari pertama masuk sekolah untuk halal bihalal.
Dari pantauan Harsem, tidak sedikit pula sekolah yang memulangkan siswanya lebih cepat. Di antaranya SD Negeri Ngaliyan 05, SD Negeri Beringin 02, SD Negeri Ngemplak Simongan 02, SD Negeri Candi 04, SMP Negeri 30, dan SMP Negeri 16. Jawaban para guru di sekolah-sekolah itu sama, pada hari pertama masuk sekolah kegiatan belajar belum normal, karena ada halal bihalal antara pelajar dengan guru.
“Kami memang sengaja memulangkan anak-anak lebih cepat, karena hari ini (kemarin, red) kan hari pertama masuk sekolah dan masih juga di tengah suasana Hari Raya Idul Fitri. Makanya hanya kami manfaatkan untuk halal bihalal antara siswa dengan guru seperti pada umumnya,” jelas Mulyono Kepala SD Negeri Beringin 02, kemarin.
Di sekolahnya, siswa dipulangkan lebih cepat juga karena alasan adanya serangkaian agenda kegiatan yang harus dilakukan dewan guru, yaitu menghadiri undangan halal bihalal dari Kelurahan Beringin dan bersilaturahmi ke kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Ngaliyan. Karena belum ada kegiatan belajar dan bisa pulang lebih cepat, sejumlah siswa memilih memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bermain.
“Untuk kegiatan belajar-mengajar kami agendakan efektif mulai besok (hari ini, red). Hal ini sudah kami sosialisasikan kepada semua siswa,” ujar Mulyono.
Hal yang sama juga dikatakan Kepala Sekolah SMP Negeri 23 S Agung Nugroho. Dia menyebutkan, sekolah masih terbawa suasana Lebaran. Jadi, kegiatan yang dilakukan antara siswa-siswi dan guru ialah halal bihalal untuk meningkatkan keakraban dan tali silaturahim sesama siswa dan guru. Usai kegiatan, dilanjutkannya, para siswa tidak langsung diajak melaksanakan kegiatan belajar, tetapi dipulangkan lebih cepat.
“Hari pertama masuk kami manfaatkan untuk meningkatkan keakraban dan saling memaafkan antara para siswa dan guru. Selesai sekitar pukul 11, siswa kami pulangkan,” ucapnya, saat dihubungi via ponselnya, kemarin.
Dirinya juga mengatakan, seluruh proses kegiatan belajar-mengajar dan kegiatan-kegiatan sekolah lainnya, seperti kegiatan ekstrakurikuler, baru akan normal dan efektif dilangsungkan mulai hari kedua masuk sekolah pada hari ini. (nji)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger