Home » , , , , » Kirim KKN ke Sumatera, Lepas Cados ke Amerika

Kirim KKN ke Sumatera, Lepas Cados ke Amerika

Written By Arind on Senin, 12 September 2011 | 12.52

HARSEM/PANJI JOKO SATRIO
Agus Wahyudin melepas mahasiswa peserta KKN di halaman rektorat
DUA agenda besar dilaksanakan Unnes secara berurutan. Kamis (8/9) melepas empat calon dosen (cados) yang memperoleh beasiswa studi ke Amerika Serikat. Dua hari berikutnya melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke berbagai daerah, termasuk Sumatera. Pelepasan dilakukan Pembantu Rektor Bidang Akademik Agus Wahyudin.
Upacara pelepasan 1.347 mahasiswa KKN diadakan di lapangan rektorat. Para mahasiswa menjalankan tugas pengabdian masyarakat dan akan ditempatkan di 31 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan.
Tahun ini Unnes menyelenggarakan tiga jenis KKN. Pertama KKN Lokasi meliputi Kabupaten Semarang, Temanggung, Wonosobo dan Grobogan. Kedua KKN Alaternatif Mandiri dengan lokasi kabupaten Semarang dan Kendal.
Ketiga KKN Alternatif Kerjasama yang terdiri dari KKN Vokasi dengan lokasi tiga desa di kabupaten Pemalang dan KKN Pendampingan SMK dengan lokasi di 5 kabupaten/kota di Jawa Timur (jumlah SMK 14), 11 di Jawa Tengah (28 SMK), 3 di Jawa Barat (10 SMK) dan 5 di Sumatera Selatan (21 SMK).
Khusus untuk KKN Pendampingan SMK, Unnes menempatkan satu mahasiswa di masing masing sekolah. Hal lain yang membedakannya dengan KKN lain adalah masa pengabdian hingga 5 bulan, bebad dengan KKN “standar” yang hanya 45 hari.
”Kami berharap tim KKN Unnes tidak mengalami hambatan dalam melaksanakan tugas. Kami berharap mahasiswa mampu mengibarkan panji kebesaran Unnes dan menunjukkan sikap dan perilaku positif yang layak ditiru masyarakat,” pesan Agus Wahyudin.

Double Degree
Sebelumnya Agus Wahyudin melepas empat calon dosen peserta Dual Master's Degree Program. Keempatnya merupakan mahasiswa S2 Unnes. Mereka memperoleh beasiswa studi di beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat.
Keempat mahasiswa tersebut adalah Pasca Kalisa, Steffie Mega Mahardhika, Fatona Suraya, dan Kristiandi. Program studi yang mereka tempuh adalah Second/Foreign Language Education dan Early and Middle Childhood Education
Mereka dilepas Pembantu Agus Wahyudin, Direktur Program Pascasarjana Prof Samsudi dan Ketua Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Djoko Sutopo, di rektorat kampus Sekaran, Kamis (8/9).
Djoko Sutopo menyampaikan, mereka akan menempuh studi di Ohio State University, Indiana University, dan Illionis University at Urbana Champaign selama dua semester setelah sebelumnya menempuh kuliah satu semester di Unnes yang diampu dosen dari Ohio State, Indiana, dan Illionis University.
Setelah itu, mereka akan menempuh kuliah satu semester di Unnes untuk menyelesaikan tesis. “Jika semua rangkaian program studi telah terpenuhi, mereka berhak menyandang gelar Master of Art (MA) dari Ohio State University Magister Pendidikan (MPd) dari Unnes,” katanya.
.Program merupakan kerjasama Unnes dengan Ohio State khususnya dan Unsintec (US/Indonesia Teacher Consortium) yang beranggotakan tiga Universitas di Amerika Serikat (Ohio State University, Indiana University, dan Illionis University at Urbana Champaign) serta 12 Universitas di Indonesia yang salah satunya Unnes. (nji)

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
14 April 2013 pukul 13.44

Do you mind if I quote a couple of your posts as long
as I provide credit and sources back to your webpage? My website is
in the very same area of interest as yours and my visitors would definitely
benefit from some of the information you present here.

Please let me know if this alright with you. Many thanks!


Feel free to visit my page ... cheap computer desks 2013

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger