Home » , , » Jangan Salah Memilih Sekolah

Jangan Salah Memilih Sekolah

Written By Sena on Kamis, 24 Mei 2012 | 14.36



 PERPISAHAN: Siswa kelas IX SMP Islam Terpadu PAPB mengikuti acara perpisahan, meski belum ada pengumuman hasil Ujian Nasional. (harsem/dok)

SEMARANG-Tak boleh salah memilih sekolah bagi anak. Demikian ditandaskan oleh perwakilan orang tua siswa kelas IX SMP Islam Terpadu PAPB, Dr Ahmad Rifa’i.

Dalam acara perpisahan siswa kelas 9 tersebut, dirinya mengatakan, dari sekolah tersebut para siswa bisa memiliki kemampuan akademik yang baik. “Selain itu yang tidak kalah penting adalah mereka bisa memiliki kemampuan spiritual yang baik pula,” jelasnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih, karena para siswa telah dilatih untuk benar-benar menerapkan pendidikan karakter. “Karena ini menjadi modal mereka untuk terjun ke  tengah masyarakat,” jelasnya di Ball Room Gumaya Tower Hotel Semarang, Sabtu (19/5). 

Apalagi, diakuinya, akhir-akhir ini krisis moral melanda masyarakat. “Tidak terkecuali anak muda, untuk itu pendidikan karakter bisa menyelamatkan mereka dari tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan oleh hukum,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, hal tersebut bisa dilihat dari berkembangnya kemampuan layanan pendidikan berstandar nasional dengan adanya bilingual. “Selain itu adalah bangunan spiritual berupa pengajian yang berbasis kepada masyarakat, ekstrakurikuler sebagai bentuk asah kemampuan. Serta hidden curriculum, yakni sikap saling menghormati dan tepo sliro kepada sesama,” paparnya.

Pada acara yang bertajuk ‘Together We Conquer the Word‘ itu, ketua panitia, Hj Primadonna Permatasari mengatakan, pelepasan ini memang lebih spesial dibandingkan tahun lalu. 

“Walaupun hampir sama, namun ada substansi makna yang berbeda yakni, nilai khas berupa khotmil Quran yang kami perbaiki dari waktu ke waktu,” tandasnya.

Dalam perpisahan tersebut, para siswa juga membacakan surat dalam Al qur’an. “Sebab, ini prasyarat kelulusan. Sehingga dari jumlah 22 surat pendek yang dimulai dari surat ke  (93) Adh Dhuhaa,  sampai An Naas surat yang ke (114) tuntas dan lancar dalam pembacaannya,” jelasnya. 

Melengkapi rangkaian acara pelepasan, disuguhkan juga penampilan musikalitas kelas 9 baik solo maupun group vokal, puisi perpisahan, perform band baik dari anak-anak maupun dewan guru, atraksi pencak silat, dance. 

Kepala Sekolah Drs H Ramelan SH MH menyampaikan rasa bangga ada perbedaan dalam konsep penempatan acara dari pelepasan anak kelas 9 yang  berjumlah 113 ini. “Semoga dengan lancarnya pelepasan ini, anak-anak juga lulus 100% dari jeri payah UN yang telah dilalui kemarin,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, agar rutinitas yang telah diperoleh dari sekolah seperti sholat duha, jamaah lima waktu, berdoa saat akan memulai pekerjaan, dan berkerudung, agar senantiasa dibiasakan . “Itu semua dalam rangka menjaga identitas ciri sekolah kita,” tandasnya. (awi/16)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger