Home » , , , » Pasta Gigi Cangkang Kerang Raih Perunggu di Inepo

Pasta Gigi Cangkang Kerang Raih Perunggu di Inepo

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 29 Mei 2012 | 16.29

RAIH PERUNGGU: Dua siswa kelas XII Akselerasi SMA 3 Semarang, Amalia Nur Alifah (17) dan Farah Adrienne (16), meraih medali perunggu di Inepo) 2012 di Istambul,Turki. Mereka didampingi Kepala SMA 3 Semarang Hari Waluyo dan Koordinator Pengembangan Inovasi Karya Ilmiah Soleh Amin, dan Wakasek Kesiswaan
(JBSM/ANGGUN PUSPITA)

SEMARANG- Berbekal hasil penelitian ''Pasta Gigi Cangkang Kerang'',  dua siswi SMA 3 Semarang
sukses meraih medali perunggu di ajang Inepo 2012 di Istambul,Turki.

Setelah  berhasil berlaga di ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2012 Februari lalu dan membawa pulang medali perak, dua dara siswa kelas XII Akselerasi SMA 3 Semarang, Amalia Nur Alifah (17) dan Farah Adrienne (16), kembali menuai prestasi dengan mengantongi medali perunggu di ajang International Enviromental Project Olympiad (Inepo) 2012 di Istambul,Turki 15-19 Mei 2012.

Berbekal hasil penelitian ''Pasta Gigi Cangkang Kerang'',  dua siswi yang baru saja lulus itu berhasil unjuk gigi di antara 123 peserta dari 50 negara. Menariknya, penelitian di bidang kimia tersebut tidak hanya mampu mengubah limbah cangkang kerang dari Pantai Morosari, Sayung, Demak, menjadi pasta gigi, tetapi juga unggul sebab dinilai ramah lingkungan karena tidak menggunakan sodium laurir sulfat atau deterjen pada proses pembuatannya.

Didampingi Kepala SMA 3 Semarang Hari Waluyo dan Koordinator Pengembangan Inovasi Karya Ilmiah Soleh Amin, kemarin  mereka menuturkan ide dan proses pembuatan pasta gigi tersebut.
Amalia menjelaskan, ide membuat produk penelitian ini muncul saat kegiatan ''Science Camp'' yang diadakan sekolah di Pantai Morosari, Sayung, Demak. Di sana banyak limbah cangkang kerang yang mengurangi keindahan pantai. Daripada merusak pemandangan dan terinjak kaki nelayan atau turis, mereka pun memunguti untuk diteliti.

''Setelah pulang dari sana kami meneliti apa yang terkandung dalam cangkang kerang tersebut. Ternyata cangkang kerang mengandung kalsium yang tinggi dan baik untuk kesehatan gigi. Karena itu, kami buatlah menjadi pasta gigi,'' ungkap gadis kelahiran Kudus 29 Desember 1994 yang hendak melanjutkan kuliah di FMIPA ITB itu.

Cangkang kerang dihaluskan menjadi bubuk kemudian ditambahkan peppermint, gliserin, dan daun sirih untuk menjadi pasta gigi. Sengaja tidak ditambahkan deterjen agar tidak mencemari lingkungan ketika dipakai.

''Tidak hanya proses dan bahan pembuat atau formulanya yang kami unggulkan saat presentasi di hadapan juri, tetapi kami juga mengemasnya dalam kemasan menarik seperti halnya pasta gigi lain, sehingga sembilan juri yakin dengan manfaat dari penelitian kami,'' ungkap Farah.

Setelah berhasil meraih medali perunggu, dalam perjalanan dari tempat lomba, semua barang dan projek penelitian itu hilang di kereta saat di Turki. Namun, keduanya masih menyimpan formula pasta gigi itu, karena siapa tahu dapat dipatenkan.

Kepala SMA 3 Semarang Hari Waluyo mengemukakan, prestasi yang diraih para siswa di ajang internasional itu karena sekolah memberi ruang gerak pada bibit-bibit calon peneliti muda dalam kegiatan science creativity.

"Seleksi peneliti-peneliti muda ini sudah dilakukan sejak di sekolah. Tujuan ke depannya adalah jangan sampai negeri ini hanya menjadi konsumen, tapi juga harus bisa menciptakan produk," tandasnya. (JBSM/Anggun Puspita/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger