Home » , , , , » Siswa SD Jatisari Dilatih Karawitan

Siswa SD Jatisari Dilatih Karawitan

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 29 Mei 2012 | 16.16

ANTUSIAS: Siswa SDN Jatisari Mijen antusias bermain karawitan
(HARSEM/DOK)
SEMARANG-Suara alunan gamelan terdengar dari sebuah rumah di Jalan Sumbermulyo 25 RT 01 RW I Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen, pada Sabtu pagi (26/05). Di situ sanggar seni Mawardi Aji Raras atau sanggar Semar berada. Sementara itu, bunyi tetabuhan gamelan dihasilkan siswa kelas IIIA dan IIIB SD Negeri Jatisari yang sedang berlatih memainkan alat musik tradisional Jawa itu.

Telah lebih dari empat bulan, setiap Sabtu, para siswa itu harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari sekolah menuju sanggar. Mereka dikoordinasi dua orang guru, Nanik Dwi Haryani, SPd dan Sumarni, SPd. “Para siswa dibagi menjadi lima kelompok yang masing-masing terdiri dari 15 siswa. Secara bergantian kelompok-kelompok itu dilatih oleh dua orang yang sangat peduli pada kesenian Jawa bernama Pak Sarno dan Pak Sugito,” kata Nanik.

Pagi itu para siswa sedang memainkan tembang dolanan sluku-sluku bathok. Tembang demi tembang dipelajari untuk dapat dimainkan. Menurut Sugito, mereka sangat cepat dalam belajar karawitan. “Proses belajarnya cepat,” kata Sugito.

Elma Tuti Latifa, siswa kelas IIIA yang ikut dalam kegiatan itu menyampaikan kegembiraannya. “Saya senang mengikuti ekstra karawitan,” ujar Elma.

WP Haryo Wicaksono, SPd, kepala sekolah menyampaikan bahwa ekstrakurikurer karawitan diselenggarakan siswa kelas tiga bekerja sama dengan sanggar seMAR. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menanamkan rasa cinta pada diri siswa terhadap kebudayaan Jawa yang adi luhung.

“Kalau siswa bisa bermain gamelan, itu bonus saja. Yang terpenting siswa cinta dulu. Jika sudah cinta, siswa akan mudah belajar. Tidak hanya karawitan, tetapi juga belajar bahasa Jawa dan kepribadian atau unggah-ungguh Jawa. Sekarang banyak orang Jawa yang ilang Jawane,” jelas Wicak. (16)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger