Home » , , , » SDN Manyaran Adakan Pesantren Kilat

SDN Manyaran Adakan Pesantren Kilat

Written By Sena on Senin, 30 Juli 2012 | 11.07

 PESANTREN KILAT: Siswa SDN Manyaran 02 Semarang mengikuti pesantren kilat di sekolah. (HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI)

SEMARANG-Memeriahkan bulan Ramadan, SDN Manyaran 02 mengadakan pesantren kilat. Kegiatan untuk menambah ilmu agama.

PESANTREN kilat wajib diikuti semua siswa, kelas satu hingga enam. Untuk menambah khusyuk, siswa diminta mengenakan busana muslim. Kepala Sekolah Leny Setyowati mengatakan, pesantren kilat dilakukan bersamaan dengan jam pelajaran agama.

“Tapi ditambah kegiatan lain yang berhubungan dengan keagamaan,” jelasnya kepada Harsem saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Kegiatan lain di antaranya BTA (baca tAlquran), menyanyi lagu-lagu islami, serta belajar tentang pendidikan karakter. “Hari ini, kebetulan siswa kelas enam yang mengikuti pesantren kilat,” jelasnya.

Selain itu, sesuai anjuran pemerintah, jam pelajaran dikurangi. “Agar tidak memberatkan anak-anak, jam pelajaran kami kurangi. Setiap jam pelajaran dikurangi lima menit,” jelasnya.

Para siswa juga memulai KBM pada pukul 07.30. “Pulangnya juga tidak sampai siang seperti pada hari biasa,” tambahnya.

Kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler untuk sementara juga ditiadakan. “Untuk olahraga diisi dengan teori, sedangkan ekstrakurikuler karena bersamaan dengan awal tahun ajaran, jadi belum dimulai,” jelasnya.

Pihak sekolah sedang menyiapkan siswa untuk mengikuti lomba Tartil Qur’an yang akan diadakan Kecamatan Semarang Barat. “Saat ini masih kami persiapkan,” jelasnya.

Untuk agenda lain, para siswa juga akan diajak untuk buka bersama di sekolah. “Nanti akan ada juga pengajian, kami mengundang pembicara dari luar. Untuk buka puasa akan diadakan di halaman sekolah dengan menggunakan tikar, karena memang kami tidak ada tempat yang luas untuk kegiatan anak-anak di dalam ruangan,” urainya.

Untuk hari terakhir masuk sekolah, para siswa juga akan dilatih untuk berbagi pada sesama. “Akan ada zakat fitrah, nanti kami salurkan kepada panti asuhan-panti asuhan terdekat. Selain itu tentu saja juga sebagian akan diberikan kepada para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu,” tandasnya. (awi/16)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger