Home » , , » Siswa SMP IT PAPB Training Sholat Khusuk

Siswa SMP IT PAPB Training Sholat Khusuk

Written By Sena on Rabu, 15 Agustus 2012 | 11.01



PESANTREN KILAT: Para siswa SMP IT PAPB mengikuti training sholat dalam  pesantren kilat (HARSEM/DOK)

SEMARANG- Untuk mengisi bulan Ramadan kali ini, ratusan siswa SMP IT PAPB mengikuti seminar  di sekolahnya. Sebagai pembicara, dosen Tasawuf dari IAIN Walisongo, Ahmad Musyafiq. Dalam bahasannya, Ahmad menerangkan tentang sholat. “Terutama untuk kekhusukan orang saat menjalankan sholat,” jelasnya.

            
Sejauh ini, khusuk atau tidaknya seseorang dalam menjalankan sholat sesuai dengan persepsi masing-masing. “Ada yang mengartikan khusuk itu berarti rapi, dalam artian rapi dalam setiap gerakan sholat hingga baju yang dipakai,” jelasnya.
 
Namun ada juga yang menyimpulkan, khusuk berarti serius. “Sebab ketika takbirotul ihram orang sebisa mungkin akan mengulang gerakan takbir hingga berkali-kali agar bisa menyatu dalam hati,” jelasnya.

Ada pula yang mempersepsikan kalau khusuk adalah dengan cara melihat posisi tempat yang akan menjadi tempat sujud. “Jadi sebisa mungkin orang tersebut akan menjatuhkan pandangan hanya pada tempat sujudnya saat sholat,” jelasnya.

Dikatakan,semua persepsi tersebut sah-sah saja dalam rangka mengkhusukkan sholat agar  pikiran tetap fokus. “Sehingga khusuk adalah keadaan di mana diri kita bahkan keadaan yang ada di sekitar kita itu dikendalikan oleh qolbu (hati) kita,” terangnya.

Namun demikian, untuk memulai agar bisa khusuk solat, ditanamkan dulu dua keyakinan, kemudian diiringi dengan gerakan tangan mengepal seraya berucap,”Saya bisa khusuk” dan “Sholat itu nikmat”. “Hal ini akan menghapuskan mind side anak-anak bahwa khusuk itu sulit,” tambahnya.

Kepala Sekolah SMP IT PAPB, Drs H Ramelan SH MH merasa senang dengan training tersebut. “Semoga dengan adanya training ini, bisa memunculkan nilai-nilai kemandirian untuk kematangan diri para siswa pada masa yang akan datang,” kata dia.

Sementara itu, tak hanya pesantren kilat saja, namun mendekati hari kemerdekaan RI ini, para siswa juga mengikuti sejumlah perlombaan yang diadakan sekolah. Di antaranya estafet kelereng, caping, catur, tebak gambar dan scrable. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger