Home » , , , » Dari Seribu Orang, Cuma 1 yang Suka Membaca

Dari Seribu Orang, Cuma 1 yang Suka Membaca

Written By amoy ya annisaa on Jumat, 10 Agustus 2012 | 10.43

BUDAYA BACA: KH Arja Imroni menyatakan keprihatinan atas rendahnya budaya baca di kalangan umat, dalam Nuzulul Quran di Unissula kemarin. (HARSEM/PANJI JOKO SATRIO)

GENUK-Budaya literasi di kalangan umat Islam sangat menyedihkan. Menurut sebuah penelitian, dari 1.000 orang Islam, hanya satu yang memiliki budaya membaca. “Ini sangat menyedihkan. Apalagi ayat Alquran pertama yang diturunkan memerintahkan umat untuk iqro atau membaca,” jelas KH Arja Imroni saat memberi ceramah Nuzulul Quran di Masjid Unissula, kemarin siang.

Ceramah mengambil tema Meraih Khaira Ummah dengan Alquran. Menurut Arja yang juga dosen Fakultas Syariah IAIN Walisongo, minimnya budaya literasi membuat umat Islam mengalami kemunduran dalam berbagai bidang. Baik dalam bidang politik, ekonomi, budaya, sains dan teknologi, serta tentu militer. “Jadi perlu ditingkatkan budaya baca di kalangan umat, baik membaca umum maupun Alquran,” tegasnya.

Arja mengatakan ada 4 syarat untuk membentuk generasi khaira ummah. Salah satunya adalah, melakoni peran historis yang berguna bagi peradaban kehidupan manusia. “Jangan kita menjadi seperti Ashabul Kahfi yang tertidur ribuan tahun. Kemudian saat terbangun, dunia sudah berubah drastis tanpa kita sadari,” pintanya.

Membaca menurut Arja, tak melulu membaca kitab atau teks. Tetapi juga membaca semua tanda-tanda alam semesta. Membaca Alquran sangat penting karena merupakan petunjuk bagi umat manusia. Sayangnya, umat semakin jauh dari budaya membaca, termasuk membaca Alquran. Kondisi ini, menurutnya sudah dirisaukan Rasulullah sejak beberapa abad silam.

Peringatan Nuzulul Quran sekaligus menutup rangkaian kegiatan perkuliahan di Unissula sebelum libur Lebaran. Rektor Prof Laode M Kamalludin mengemukakan hari ini (kemarin, red) merupakan masuk terakhir sebelum libur.

Nuzulul Quran diikuti ratusan mahasiswa. Selain jajaran rektorat, terlihat Ketua Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, Hasan Toha Putera hadir mengikuti acara. Ditemui sebelum Nuzulul Quran, Toha Putra mengatakan perkembangan Unissula semakin baik. “Fakultas kedoteran juga semakin banyak peminat. Dari kuota 200 mahasiswa, yang mendaftar sampai berlipat-lipat,” jelasnya.

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger