Home » , , , » Dirjen Dikti Tambah Kuota Peserta SM-3T

Dirjen Dikti Tambah Kuota Peserta SM-3T

Written By amoy ya annisaa on Senin, 27 Agustus 2012 | 13.59

SIAP MENGABDI: Peserta SM-3T siap mengabdi di daerah tertinggal di nusantara. (HARSEM/DOK)

SEMARANG- Pendaftaran peserta program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) gelombang II masih dibuka hingga Minggu, 26 Agustus 2012. Pendaftaran dilakukan secara online melalui  www.sm-3t.dikti.go.id.

Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Drs Abdurrahman MPd mengatakan, pendaftaran program SM-3T gelombang II diselenggarakan setelah Dirjen Dikti menambah kuota peserta. “Dirjen Dikti membuka kesempatan bagi sarjana untuk mengikuti seleksi gelombang II program ini,” ungkapnya, kemarin di kampus Sekaran di laman unnes.ac.id.

Sebelumnya, pada 1-4 Agustus 2012 lebih dari 3.000 peserta gelombang I serentak melakukan ujian online di 17 perguruan tinggi. “Peserta akan ditempatkan di delapan provinsi, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Aceh, Papua, Papua Barat, Sulawesi Utara, Maluku, Kepulauan Riau,” kata Abdurrahman.

Persyaratan Peserta
 
Adapun persyaratan peserta gelombang II sama dengan gelombang I. Beberapa syarat antara lain  warga negara Indonesia,  usia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012, lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki izin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dan IPK minimal 3,0.

Selain itu, berbadan sehat, bebas narkotik, berkelakuan baik, mendapatkan izin orangtua/wali,  belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai. Peserta juga diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan.

Tahapan berikutnya setelah pendaftaran, ungkap Abdurrahman, adalah seleksi administrasi pada 27-29 Agustus, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (30-31 Agustus), tes online (3-6 September), dan pengumuman hasil tes sekaligus jadwal wawancara (9 Agustus), wawancara hasil seleksi gelombang I dan II (14-16 September), dan pengumuman hasil seleksi gelombang I dan II pada 19 September 2012.

Program studi kependidikan yang dibuka adalah PGSD, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan  Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni, dan Pendidikan Konseling.

“Mereka yang belum lolos gelombang I yang telah diumumkan 10 Agustus 2012 diperbolehkan mengikuti pendaftaran gelombang II,” tutur Abdurrahman. (15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger