Home » , , , , » Siswa SMA Negeri 3 Demak Salurkan Zakat, Asah Nurani

Siswa SMA Negeri 3 Demak Salurkan Zakat, Asah Nurani

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 14 Agustus 2012 | 10.11

KELOLA ZAKAT: Pelajar SMAN 3 Demak mengelola zakat fitrah di sekolahnya. (HARSEM/SUKMA WIJAYA)

 
DEMAK-Mencoba lebih mengasah hati nurani para pelajar, SMA Negeri 3 Demak melatih siswanya mengumpulkan dan menyalurkan zakat fitrah kepada fakir miskin atau anak yatim. 

Seluruh kegiatan penyaluran zakat (10/8) dikoordinir oleh pengurus OSIS, dipandu oleh sejumlah guru. “Dari seribu siswa terkumpul zakat fitrah 2,5 ton beras,” ungkap Ketua Pelaksana Penyaluran Zakat Fitrah OSIS SMAN 3 Demak, Ali Ma’ruf.

Selama tiga hari zakat fitrah berupa beras disalurkan ke sembilan yayasan  yatim piatu dan pondok pesantren.  Penyaluran zakat diambil perwakilan yayasan dan ponpes, dan langsung ke pihak sasaran.

Wakasek Kesiswaan Madyo Kustantono menambahkan, pihak sekolah sengaja menyarankan menyalurkan zakat diambil oleh perwakilan dari yayasan atau takmir masjid, agar tak terjadi desak-desakan antar penerima zakat yang ujungnya menimbulkan jatuh korban.

“Sedangkan di sekolah ada 62 siswa disarankan tidak ikut berzakat, karena dari keluarga miskin,” ujar Madyo didampingi Guru Agama, Abdul Rohim. 

Terpisah, Kepala SMAN 3 Demak Sugeng menjelaskan, sekolah sengaja menempatkan siswa dalam kegiatan pengumpulan dan penyaluran zakat, untuk melatih dan mengasah nurani. “SMAN 3 Demak sebagai Sekolah Model Berbasis TIK harus memiliki potensi dan unggulan sendiri,” ujar Sugeng.

Siswa sekolah ini telah berprestasi, seperti Juara Kejurnas Lomba Dayung oleh Sulisno, Tri Wahyu Buono dan Anang Kurniadi. Serta lomba voli masuk enam besar se-Jawa Tengah. (swi/15)   

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger