Home » , , , , » Tasya Raih Perunggu di IMC 2012

Tasya Raih Perunggu di IMC 2012

Written By amoy ya annisaa on Kamis, 09 Agustus 2012 | 10.19

RAIH PERUNGGU: Siswa SMP Maria Mediatrix Semarang, Maranatha Florensia Wijaya meraih medali perunggu dari ajang International Mathematic Competion (IMC) 2012. (HARSEM/JBSM/ANGGUN PUSPITA)


SEMARANG- Siswa SMP Maria Mediatrix Semarang, Maranatha Florensia Wijaya (14) berhasil membawa pulang medali perunggu dari ajang International Mathematic Competion (IMC) 2012 di Taipei Taiwan, belum lama ini. Gadis kelas IX ini telah menaklukkan puluhan soal Matematika pada kompetisi tersebut, dengan tantangan yang tersulit di materi kombinatorika.

Ajang kompetisi mata pelajaran Matematika yang diselenggarakan tiap tahunnya ini diikuti oleh 28 negara dengan 700 peserta dari seluruh dunia. Sedangkan, wakil dari Indonesia sendiri sebanyak delapan siswa yang telah lolos seleksi pada kompetisi sebelumnya seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Tasya begitu panggilan akrabnya, menuturkan, kompetisi selama enam hari itu dibagi dalam beberapa tahap. Diantaranya, kontes individual, tim, dan grup. ''Pada individual terdapat 12 soal isian singkat dan tiga soal uraian. Sedangkan pada kontes tim ada 10 soal yang dikerjakan secara berkelompok, dan pada kontes grup tiga nilai tinggi dalam satu kelompok di rata-rata,'' jelasnya perempuan kelahiran Semarang 17 Maret 1998 itu.

Soal yang dilombakan itu berbeda dengan pelajaran Matematika di sekolah. Sebab, tidak hanya mengaplikasikan dan menghapal rumus. Apalagi, dibanding soal tahun sebagai latihan pada tahun ini bobotnya juga lebih sulit.

''Maka itu saya kaget bercampur senang karena termasuk menjadi juara meski hanya meraih perunggu,'' ungkapnya yang sebelumnya juga pernah turut dalam kompetisi internasional saat duduk di bangku SD.

Putri kedua dari tiga bersaudara pasangan Agus Budiono dan Dwi Agus Diani ini menuturkan, ketertarikannya pada bidang Matematika ini karena mapel tersebut selalu membuatnya penasaran untuk menyelesaikan setiap soal. Dan setelah dikerjakan, tidak sekadar tahu jawabannya kemudian selesai, karena selalu ada pengembangannya. (K3/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger