Home » , , » Untag Gelar Kajian Keislaman

Untag Gelar Kajian Keislaman

Written By amoy ya annisaa on Senin, 27 Agustus 2012 | 13.51

DISKUSI KEISLAMAN: Kajian keislaman di Fakultas Hukum Untag, dari kiri Drs H Romli Mubarok SH MH (moderator), Rektor IAIN Walisongo Prof Dr H Muhibbin MA, dan Dekan Fakultas Hukum Untag Bambang Joyo Supeno SH MH. (HARSEM/JBSM/DOK)

SEMARANG - Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang menyelenggarakan kajian keislaman, belum lama ini. Materi kajian yang didiskusikan adalah fiqh siyasah, dengan narasumber Rektor IAIN Prof Dr H Muhibbin MA.

Dekan FH Untag Bambang Joyo Supeno SH MH mengatakan, pihaknya dalam setahun menyelenggarakan kegiatan kerohanian, yang diikuti dosen, karyawan, mahasiswa, baik yang beragama Islam maupun nonislam. "Tujuannya adalah untuk kesejahteraan rohani bagi sivitas akademika," ujar dia.

Dalam kesempatan itu Muhibbin mengulas tentang keterkaitan agama dan politik. Ia menjelaskan, ada pandangan yang menilai bahwa Islam dan politik itu merupakan satu kesatuan. Penilaian itu antara lain dilatarbelakangi sejarah Islam itu sendiri.

Muhibbin menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta antara lain mengenai pandangannya terhadap pemimpin nonmuslim dan pemimpin perempuan. Mengacu pendapat Ketua Umum PB NU KH Said Agil Sirajd , ia menyatakan bahwa Islam membolehkan masyarakat memilih pemimpin nonmuslim.

Tetapi dengan syarat, lanjutnya, pemimpin yang bersangkutan harus adil dan punya program-program yang jelas dan bisa menyejahterakan rakyat, ketimbang pemimpin muslim yang tidak adil yang tidak punya program menyejahterakan rakyat. (H30/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger