Home » , , , » Mahasiswa Harus Cerdas dan Berkarakter

Mahasiswa Harus Cerdas dan Berkarakter

Written By Sena on Senin, 03 September 2012 | 12.31

 Prof Sudharto P Hadi
(HARSEM/DOK)

SEMARANG- Mahasiswa tak hanya harus cerdas, tetapi juga harus berkarakter. Demikian dikatakan oleh Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi saat mengisi kegiatan pengenalan akademik dan kegiatan mahasiswa (Pakem)  di USM (Universitas Semarang).
    
Apalagi, di era globalisasi seperti sekarang ini, ada dampak positif dan negatif yang menyertainya.  Untuk itu diperlukan karakter yang kuat untuk menghadapinya. Untuk sisi positif di antaranya, seseorang bisa memperoleh informasi dengan cepat, kesempatan kerja dan usaha sangat terbuka serta kesempatan memperoleh produk akan lebih mudah.
 
“Sedangkan sisi negatifnya adalah persaingan makin ketat, jika tidak siap akan menjadi pecundang, ketergantungan pada pasar global menjadi rentan, dan budaya global yang menggerus nilai-nilai lokal termasuk dalam demokrasi,” jelasnya.
 
Untuk itu, setiap mahasiswa harus memiliki kompetensi. “Mahasiswa yang sudah lulus harus bisa menjadi bagian dari sebuah bangsa, bukan malah menjadi masalah bangsa,” kata dia.
 
Untuk menghadapi era globalisasi, seseorang perlu terbuka terhadap apa yang dihadapi. “Namun demikian kita tidak boleh kehilangan jatidiri,” tambahnya. Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor USM, Prof Dr Pahlawansjah Harahap SE ME.
 
Peserta yang mengikuti sebanyak 3.494 mahasiswa baru, terdiri dari 231 mahasiswa dari S1 Hukum, 237 mahasiswa dari D3 Manajemen Perusahaan, 741 mahasiswa dari S1 Manajemen, 685 mahasiswa dari S1 Akuntansi, 361 mahasiswa S1 Teknik Sipil, 169 dari S1 Teknik Elektro, 150 dari S1 Psikologi, 189 dari S1 Sistem Informasi, 436 dari S1 Teknik Informatika, 144 dari S1 Ilmu Komunikasi, 69 mahasiswa dari Magister Manajemen. (awi/15)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger