Home » , , , » Untag Tambah Dua Doktor Ekonomi

Untag Tambah Dua Doktor Ekonomi

Written By amoy ya annisaa on Senin, 03 September 2012 | 13.01

SERAHKAN IJASAH: Sekretaris Senat Undip Prof Dr Ir Sunarso MS menyerahkan ijasah kepada promovenda doktor ilmu ekonomi Sulistiyani saat ujian disertasi, Rabu (29/8) malam. (HARSEM/JBSM/HARTATIK)

SEMARANG- Fakultas  Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) menambah dua dosen berpredikat doktor. Kedua dosen tersebut adalah Titi Laras dan Sulistiyani, mendapat gelar doktor setelah menyelesaikan pendidikan S3 dan disertasi di Undip.

Titi Laras dalam disertasinya meneliti tentang ''Kreativitas, Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan Industri Kreatif Kota Bandung''. Penelitian itu, dia ambil setelah melihat ekonomi kreatif di berbagai negara di dunia saat ini yang diyakini dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian bangsanya secara signifikan. Industri kreatif sendiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ekonomi kreatif.

''Ekonomi kreatif ini diyakini dapat menjawab tantangan permasalahan jangka pendek dan menengah. Relatif rendahnya pertumbuhan ekonomi pascakrisis rata-rata hanya 4.5% per tahun, masih tingginya pengangguran 9-10% dan tingginya tingkat kemiskinan 16-17% serta rendahnya daya saing industri,'' katanya.

Sementara itu, Sulistiyani dalam disertasi berjudul ''Membangun Kinerja Pemasaran Melalui Pembelajaran Generatif Berbasis Budaya dan Inovasi Akulturasi'', disimpulkan penelitian untuk meraih gelar doktor ini memberikan implikasi manajerial berupa strategi peningkatan kinerja pemasaran. Implikasi manajerial yang dimaksud dengan meningkatkan inovasi akulturatif .

Hal itu, lanjutnya, dapat dilakukan dengan portofolio pengetahuan produk akulturatif. Inovasi produk akulturatif dapat ditingkatkan dengan kompetensi rancang bangun produk. Pada akhirnya, penelitian ini mampu menggambarkan road map dalam meningkatkan kinerja pemasaran.

Terpisah,  Dekan Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus (Untag) Dra Giyah Yuliani MM menambahkan, inovasi yang dikembangkan kedua dosen itu memberi kontribusi positif bagi pengembangan industri kreatif maupun UKM.

''Ke depan, kami lebih giat mengembangkan pengetahuan sesuai dengan yang dibutuhkan stakeholder terkait. Kami bersyukur gelar doktor yang berhasil disandang kedua dosen ini semakin menambah jumlah doktor ilmu ekonomi yang dimiliki FE Untag,'' tukasnya. (J9/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger