Home » , , , » Berorganisasi, Mahasiswa Lebih Toleran

Berorganisasi, Mahasiswa Lebih Toleran

Written By amoy ya annisaa on Senin, 03 September 2012 | 13.04

BERBINCANG: Wagub berbincang dengan mahasiswa baru FKM Undip. (HARSEM/DOK)

SEMARANG- Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih mengajak mahasiswa FKM Undip aktif berorganisasi.

Hal tersebut disampaikan Rustri saat memberikan kuliah di hadapan 700 mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip di Tembalang, kemarin. Rustri menjelaskan ada beberapa organisasi kemahasiswaan yang bisa dipilih oleh para mahasiswa, mulai dari kemasyarakatan hingga keagamaan.

“Dengan organisasi, mahasiswa akan dilatih untuk bermusyawarah dan bermufakat dengan baik. Organisasi juga akan membuat mahasiswa jauh lebih toleran serta mempunyai solidaritas yang tinggi,” ujarnya.

Terutama bagi perempuan yang selama ini dipersepsikan lemah, emosional, jengkel dan sensitif  akan jauh lebih tertempa dan kuat bila aktif di organisasi. “Organisasi bisa menjadi sarana yang efektif untuk menunjukkan kemampuan, tunjukkan jangan sampai dianggap remeh,” paparnya.

Organisasi juga merupakan tempat untuk mengasah kepekaan dalam memahami dan mengenali situasi. “Mengikuti organisasi bisa mendeteksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, serta mengambil sikap untuk mengantisipasinya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru bahwa dengan kuliah, wawasan akan jauh lebih berkembang dan pola pikir akan berbeda, jauh lebih berperspektif dan kritis. "Selain belajar menggali ilmu di bangku kuliah mahasiswa harus membekali diri dengan latihan,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar mahasiswa selalu menekuni dengan baik materi yang diberikan dosen. “Jangan sampai menjadi mahasiswa yang tidak berprestasi,” tandasnya. Rustri juga meminta para mahasiswa untuk selalu bersikap jujur dan peduli. “Hal tersebut menjadi penentu keberhasilan meraih karir, terutama saat menghadapi kesulitan,” pesannya.

Pada kesempatan itu ia juga mengajak serta menekankan mahasiswa untuk tidak pernah takut dengan kegagalan. “Hidup itu tidak selalu mulus, pada saat ada kegagalan tetap harus berpikir positif, dan optimis bahwa sesuatu yang terbaik akan kita raih,” tandasnya. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger