Home » , , » UPPM FT Undip Gelar Workshop UKM

UPPM FT Undip Gelar Workshop UKM

Written By putra on Kamis, 27 September 2012 | 08.45

PENGAWETAN IKAN: Margaretha Tuti Susanti bersama mahasiswa sedang mendemonstrasikan proses pengawetan ikan ( HARSEM/DOK )
 SEMARANG- Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) Fakultas Teknik (FT) Undip mengadakan Workshop Pemberdayaan  Usaha Kecil dan Menengah di gedung Dekanat Fakultas Teknik, kemarin.

Workshop diikuti oleh beberapa instansi pemerintah seperti Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan para mahasiswa. Di sela-sela workshop, Ketua UPPM FT Undip Rusnaldy menjelaskan, lembaga nonstruktural itu di bawah koordinasi Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik Undip.

“Didirikan pada awal tahun 2012, unit ini sebelumnya bernama Unit Pengembangan Penelitian Teknologi (UPPT) Fakultas Teknik Undip,” jelasnya. Lebih lanjut dia menerangkan tujuan dari didirikannya unit ini untuk memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh seluruh staf akademik di lingkungan FT Undip.

“Tujuan workshop ini untuk menyosialisasikan program penelitian unggulan dari para dosen untuk dapat diketahui oleh publik dan hasil penelitian itu dapat dimanfaatkan untuk masyarakat umum,” terangnya.
Pemakalah hasil penelitian dari FT Undip, Margaretha Tuti Susanti memaparkan penelitiannya mengenai pengawetan ikan dengan micro kapsul oleoresin kayumanis dan cengkeh.

“Ini merupakan hasil dari ekstrasi rempah-rempah dengan pelarut organik seperti etanol dan heksan. Fungsi rempah sendiri pada awalnya untuk menutupi bau atau terjadinya pencemaran pada daging yang disimpan. Dewasa ini fungsi rempah berkembang menjadi penyedap rasa, pengawet, pemberi warna, obat dan lain-lain,” urainya.

Konsep pengawetan ikan dengan micro kapsul oleoresin dan cengkeh diharapkan akan menjadi antimikroba dan antioksidan sehingga akan menghambat pertumbuhan mikroba dan kerusakan oksidatif pada ikan, sehingga umur simpannya panjang. (awi/15)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger