Home » , , » Ikatan Alumni Pengaruhi Penilaian Akreditasi

Ikatan Alumni Pengaruhi Penilaian Akreditasi

Written By putra on Jumat, 05 Oktober 2012 | 09.03


DEKLARASI IKANOT: Mantan rektor Undip Prof Muladi menghadiri deklarasi pembentukan Ikatan Alumni Kenotariatan (Ikanot) Undip, kemarin  di kampus Pleburan ( SM/Hartatik )
 SEMARANG- Dalam sebuah profesi, keberadaan wadah organisasi mutlak diperlukan. Untuk itu, kemarin, alumni Kenotariatan Undip mendeklarasikan terbentuknya Ikanot. Penasehat Ikanot Syafran Sofyan mengatakan, pembentukan wadah alumni ini bisa berpengaruh terhadap penilaian akreditasi program Magister Kenotariatan.

Pasalnya, Ikanot sudah terbentuk pada lima perguruan tinggi lainnya yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara dan Universitas Airlangga.

''Ikanot ini satu-satuya wadah alumni kenotariatan yang diakui dan disahkan DPP IKA Undip. Dalam profesi itu wadahnya harus satu dan standar profesi harus benar-benar ditegakkan,'' katanya, kemarin usai deklarasi Ikanot di kampus Undip Jl Imam Barjo.

Bicara kemampuan alumni Kenotariatan Undip, penggagas terbentuknya Ikanot ini menilai belum puas dan perlu ditingkatkan. Hal itu bisa dilihat dari ujian kode etik notaris. Tidak dipungkiri banyak alumni yang sukses, tapi tidak sedikt mereka bermasalah dengan hukum. Bagi mereka yang sukses diharapkan bisa membantu baik secara fisik maupun non fisik.

''Yang bermasalah tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena itu, Ikanot wajib memberikan penyuluhan hukum melalui sosialisasi bagaimana menjadi notaris yang baik,'' terangnya. Dikatakannya, notaris yang terjerat kasus ini disebabkan dua faktor yakni ketidaktahuan tentang hukum dan mental. Bicara hukum, lanjutnya, tentu tidak hanya perdata saja.

Pasalnya, fungsi notaris itu tidak hanya profesi saja tapi sekaligus sebagai pejabat umum. Untuk itu, kaitannya bukan hanya hukum perdata dan administrasi saja namun juga hukum pidana. Hal itu yang harus ditegakkan, sebab banyak notaris yang tidak paham. 
   
Adapun pelantikan pengurus inti Ikanot akan dilakukan bersamaan Rakernas ke-3 DPP IKA Undip di Yogyakarta, 14 Desember mendatang. Pengurus inti itu terdiri atas ketua umum Diah Sulistyani, akrab disapa Liezty Muladi dan Sekretaris Jenderal Otty Hari Chandra Ubayani. (J9/JBSM/15)































































































Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger