Home » , , » Kuliah Umum di FH Unissula Citra Hakim Merosot, KY Dorong Pengawasan

Kuliah Umum di FH Unissula Citra Hakim Merosot, KY Dorong Pengawasan

Written By putra on Rabu, 03 Oktober 2012 | 09.00

      KULIAH UMUM: Ketua Komisi Yudisial Prof Eman Suparman mengisi kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung, kemarin  ( HARSEM/JBSM/HARTATIK )


 
SEMARANG- Tersangkutnya beberapa hakim Tipikor di daerah menunjukkan sinyalemen mafia peradilan semakin meluas. Sebaliknya, kepercayan terhadap kekuasaan kehakiman di bawah Mahkamah Agung (MA) justru kian merosot.

''Komisi Yudisial lahir sebagai organ konstitusi baru, buah dari reformasi di bidang ketatanegaraan,'' ujar Ketua Komisi Yudisial Prof Eman Suparman, kemarin, saat mengisi kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Lebih lanjut, menurutnya, KY dalam menjalankan fungsinya memerlukan pastisipasi masyarakat. Hal itu mengingat sistem pengawasan internal di Badan Pengawasan MA selama ini kurang berfungsi secara optimal. 

Meski bukan sebagai bagian dari kekuasaan kehakiman, namun KY mempunyai hubungan kedaulatan yang sejajar dengan MA. KY sendiri, memiliki kewenangan dalam mengusulkan penghargaan dan pengangkatan hakim agung kepada DPR.

''Kami juga mempunyai tugas menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat serta menjaga perilaku hakim,'' terangnya. Dalam kesempatan itu, Eman mengungkapkan 210 calon hakim hasil seleksi 2010 terancam menjadi hakim ilegal. Pasalnya, KY merasa tidak dilibatkan dalam proses seleksi hakim tersebut. 

Dia mengingatkan, pengawasan masyarakat kampus dalam penegakan hukum oleh hakim sangat penting. Hal itu tidak terlepas dari menguatnya keyakinan masyarakat bahwa proses penegakan hukum di pengadilan tidak adil. 

Pengawasan diperlukan guna mencegah adanya intervensi terhadap hakim dari kekuatan ekstrayudisial, terutama oleh pemerintah maupun dari kekuatan internal. (J9/JBSM/15)
   



Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger