Home » , , » Lulusan Keperawatan Undip Harus Standar Internasional

Lulusan Keperawatan Undip Harus Standar Internasional

Written By putra on Kamis, 04 Oktober 2012 | 08.48

WORKSHOP KEPERAWATAN: Dekan FK Undip memberikan sambutan dalam pembukaan workshop, didampingi dari kiri Direktur SDM RS dr Kariadi dr Agus Suryanto Sp PD(K), PR 1 Undip Prof Hertanto dan PR Pengembangan Kerjasama Prof Sulthana ( HARSEM/DOK )




SEMARANG-Tenaga perawat Indonesia akan menghadapi kompetisi yang semakin besar. Untuk itu mereka harus berani bersaing. Demikian dikatakan, Dekan Fakultas Kedokteran Undip, dr Endang Ambarwati Sp RM saat mengisi workshop ‘Pengembangan Kurikulum Menuju Standar Internasional” yang digelar Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) FK Undip, kemarin.
 
Hal tersebut terkait dengan para era globalisasi dan adanya kesepakatan MRA (Mutual Recognition Arrangement) menyebabkan terjadinya migrasi perawat dari negara berkembang ke negara maju maupun sebaliknya.
 
“Kondisi tersebut menuntut adanya kualitas perawat yang berstandar internasional agar dapat mengantisipasi masuknya perawat dari luar negeri ke Indonesia. Selain itu juga mempersiapkan perawat Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri,” terangnya pada kegiatan yang dilaksanakan di Gedung LP2MP Undip Tembalang ini.
 
Lebih lanjut diterangkan, untuk memiliki tenaga perawat yang mempunyai kompetensi dan menguasai teknologi maka lulusan keperawatan dari PSIK FK Undip harus mempunyai syarat-syarat yang  berstandar internasional.
 
Selanjutnya, salah satu panelis, Direktur SDM Rumah Sakit dr Kariadi Semarang, dr Agus Suryanto Sp PD (K) memaparkan, seorang perawat yang berstandar internasional harus mempunyai tanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya.
 
“Harus sesuai dengan kode etik profesinya, mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya melalui riset monodisiplin, pelatihan atau pengalaman kerja. Serta mampu melakukan dan mengkomunikasikan kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah berdasarkan etika profesi bagi pengembangan profesi, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat umum,” urainya.
 
Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Keperawatan Undip, Wahyu Hidayati mengatakan, tujuan dari workshop tersebut untuk membahas pengembangan kurikulum berstandar internasional PSIK FK Undip. 
 
“Termasuk mempresentasikan hasil pengembangan kurikulum dan memperoleh tanggapan serta masukan dari pakar di bidang kurikulum, stakeholder, asosiasi, profesi, regulator dan penentu kebijakan,” paparnya. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger