Home » , , » Kerjasama Undip dan CTC , Kelola Konservasi Sumberdaya Pantai

Kerjasama Undip dan CTC , Kelola Konservasi Sumberdaya Pantai

Written By Khoierzblogs on Selasa, 06 November 2012 | 10.31

TERIMA CENDERAMATA: Rektor Undip  menerima cenderamata dari Direktur CTC
HARSEM/ARIS WW
SEMARANG- Universitas Diponegoro melakukan penandatanganan kerjasama dengan Coral Triangle Centre (CTC) tentang pengembangan sumberdaya manusia dan pengelolaan konservasi sumberdaya kelautan di Rektorat Undip Tembalang, kemarin.

Acara tersebut sekaligus sebagai pembukaan dari Pelatihan Perancangan Kawasan Konservasi Perairan dan Pelatihan Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan. Direktur Eksekutif CTC, Rilli Djohani mengatakan, kerjasama tersebut merupakan tonggak yang signifigan bagi pihaknya. "Dari kerjasama ini diharapkan nantinya akan dapat memberikan inspirasi dan pengalaman dalam pengelolaan sumberdaya kelautan," jelasnya.

Dikatakan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumberdaya lautnya. "Untuk itu kita  harus mengelolanya dengan baik, pemerintah sendiri sudah menyediakan 20 juta hektar kawasan konservasi laut di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, masih banyak kendala di lapangan yang harus dihadapi. "Misalnya seperti kurangnya kapasitas pengelolaan SDM di lapangan," ujarnya. Untuk itu dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat terwujud pengelolaan dan konservasi sumberdaya perikanan dan kelautan yang efektif, berkelanjutan dan mensejahterakan rakyat Indonesia.

Sementara itu, Rektor Universitas Diponegoro , Prof Sudharto P Hadi mengemukakan, terumbu karang dan keberlangsungan sumberdaya kelautan merupakan hal yang sangat penting. "Karang merupakan tempat pemijahan bagi biota-biota laut, namun dewasa ini dengan makin gencarnya perburuan ikan hias dan jamur sebagai hiasan ikan hias menimbulkan banyak problematika, karena perburuan ikan hias dapat merusak terumbu karang", ujarnya.

Untuk itu diperlukan sumberdaya manusia dan pengelolaan sumberdaya kelautan yang baik. "Dengan adanya kerjasama ini nantinya semoga tidak hanya FPIK saja yang bisa memanfaatkan kerjasama ini tapi juga keilmuan lain," imbuhnya.

Kerjasama ini juga diharapkan akan memperkuat pola ilmiah pokok, yakni tentang tropical and coastal region eco development. (awi/15)


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger