Home » , , » Redfish Klasifikasikan Sampah Anorganik

Redfish Klasifikasikan Sampah Anorganik

Written By Khoierzblogs on Senin, 05 November 2012 | 09.25



SEMARANG- Anggota Redfish Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip belum lama ini mendatangi lokasi obyek wisata Pantai Maron Semarang. Bukan acara liburan, melainkan bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan di bibir pantai. Sampah nampak menggunung, lantaran sebelumnya Kota Semarang diguyur hujan lebat. Air hujan membawa sampah dari pemukiman menuju laut dan kembali terdampar di bibir pantai oleh ombak.

Tim yang terdiri dari 20 mahasiswa Undip ini bukan sekadar membersihkan sampah. "Dibagi menjadi dua tim. Dan hanya mengambil sampah anorganik saja," kata Bonifacius Arbanto selaku Pelatih dan Instruktur Selam Redfish.

Bukannya tanpa tujuan. Nantinya sampah-sampah anorganik akan diklasifikasikan lagi berdasarkan jenis dan bentuknya.  Hal ini dinamakan metode ocean coastal clean up. Sampah-sampah yang diambil di antaranya berupa kaleng, sedotan, mainan, balon, kain atau bungkus rokok.

Tujuannya untuk mengetahui sumber-sumber sampah tersebut, dan ini sudah dilakukan di dunia internasional selama sepuluh tahun terakhir. Hal ini memang berbeda dengan metode sebelumnya yang hanya mengklasifikasikan sampah berdasar bahan dasar sampah anorganik.

"Semuanya akan kami data. Hal ini akan rutin dilakukan. Setelah di Maron, kami akan ke Pantai Tulamben Bali. Data-data ini akan dikumpulkan dan semoga hasilnya bisa memberikan masukan pada pemerintah," ujar Bonifacius.

Menurutnya, banyaknya sampah yang ada di pantai tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Saat musim hujan tiba, sampah-sampah akan menumpuk di laut. Oleh karenanya ia berharap, aktivitas membersihkan pantai tersebut diikuti tumbuhnya kesadaran masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka ulang tahun Redfish kedua tersebut dilengkapi dengan penanaman 250 mangrove di sekitar pantai. “Tujuannya ikut menyelamatkan bibir pantai dari abrasi. Terlebih lagi, Pantai Maron adalah salah satu obyek wisata yang dimiliki oleh Kota Semarang dan harus dijaga bersama-sama,” ungkapnya.

Redfish, Unit Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip. Unit ini fokus dalam kegiatan penelitian, selam, dan perikanan. Beberapa kegiatan sebelumnya berupa penelitian karang, ikan, dan penanaman mangrove. (Hanung Soekendro/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger