Home » , , » Dokter Baru Disambut Tiga Masalah

Dokter Baru Disambut Tiga Masalah

Written By arnoldy septiano on Selasa, 15 Januari 2013 | 08.59

HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI
Wisudawan tengah mengikuti pengambilan sumpah.
LULUSAN Fakultas Kedokteran (FK) Unissula Semarang harus siap menghadapi tiga masalah besar kesehatan di Indonesia. Demikian dikatakan Dekan FK dr Taufiq R Nasihun saat pengambilan sumpah dokter ke 87, Sabtu (12/1).

Tiga masalah tersebut di antaranya, kekurangan nutrisi (gizi) atau kelebihan gizi, infeksi dan penyakit degeneratif. "Kami berharap mahasiswa bisa mengembangkan diri memilih tiga problem yang dihadapi bangsa Indonesia," jelasnya di hadapan 40 lulusan.

Persoalan lain yang tidak kalah penting yaitu masalahan kesehatan yang dihadapi orang yang sudah mulai tua. "Saat ini, banyak orang dengan usia yang sudah mulai lanjut harus bergelut dengan penyakit degeneratif," tukasnya.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, perlu dukungan keluarga. "Selain itu, biaya kesehatan yang dibutuhkan juga sangat tinggi. Hal yang harus dan penting adalah mencegah penyakit tidak datang," kata dia.

Untuk itu, diperlukan SDM yang baik. "Saat ini, FK Unissula telah mengembangkan prodi level magister, berkonsentrasi pada human health," kata dia.

Sementara itu, dirinya juga berpesan kepada para dokter baru ini bahwa lulus dari FK adalah ujian pertama. "Yang sesungguhnya adalah ketika terjun di masyarakat," pesannya.

Menurut survei, masyarakat mencintai dokter yang mau mendengarkan pasien. "Masyarakat tidak suka dokter yang kasar dan tidak punya waktu," kata dia.

Untuk itu, dia berharap agar para dokter merawat kemampuan diri. "Yaitu dengan cara live for learning (belajar sepanjang hayat)," kata dia. (awi/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger