Home » , , , » Lestarikan ‘Jasmerah’, ANRI Gandeng Unnes

Lestarikan ‘Jasmerah’, ANRI Gandeng Unnes

Written By arnoldy septiano on Senin, 14 Januari 2013 | 08.58

HARSEM/ANGGUN PUSPITA-SM NETWORK
Kepala ANRI M Asichin (kanan) dan Prof Fathur Rokhman di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unnes, akhir pekan lalu.


JANGAN sekali-kali melupakan sejarah (jasmerah), itu kata Bung Karno dahulu. Demi menjaga sejarah bangsa, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggandeng Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kerja sama menitikberatkan sinergi bidang kearsipan dalam rangka pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Kepala ANRI M Asichin MHum usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Prof Fathur Rokhman, pada kuliah umum di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unnes, akhir pekan lalu, mengatakan, teks Proklamasi dan Super Semar merupakan bukti otentik sejarah bangsa ini.

''Perjuangan pahlawan dalam upaya memerdekakan bangsa Indonesia itu merupakan sebuah sejarah yang harus dijaga. Melalui arsip dapat dijadikan sebagai penghormatan sekaligus simpul pemersatu bangsa,'' tuturnya.

Pada kuliah umum tersebut juga dilakukan pemutaran film pendek bertajuk ''Diorama Sejarah Indonesia''. Asichin meyampaikan, kebijakan kearsipan nasional sangat berperan dalam membangun karakter bangsa.

''Krisis multi dimensi era sekarang membawa pengaruh besar terhadap semakin lemahnya rasa kepercayaan diri dalam berbangsa dan bernegara,'' ungkapnya.

Dengan demikian, ANRI mengembangkan dan membangun kembali sejarah bangsa melalui arsip nasional sebagai rekaman perjuangan bangsa. Salah satu upaya itu dengan menggandeng perguruan tinggi. 

"Arsip seperti dua sisi mata uang. Satu sisi arsip statis menjelaskan peristiwa masa lalu. Sedangkan sisi lain dinamis sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan," katanya.

Sementara, dari  sisi akademis Asichin menjelaskan, lembaga yang dipimpinnya akan memberikan bantuan sarana dan biaya dalam mengembangkan dan menjaga sejarah bangsa.

Prof Fathur Rokhman menyampaikan, sinergi ini akan memberikan manfaat, karena ANRI akan memfasilitasi mahasiswa dalam memperoleh ilmunya di bidang sejarah.

''Kami berharap penandatanganan nota kesepahaman akan berdampak positif dalam peningkatan berbagai hal terutama pendidikan,'' tandasnya. (K3-SM Network/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger