Home » , » Mahasiswi FIB Undip Ikuti Student Exchange

Mahasiswi FIB Undip Ikuti Student Exchange

Written By arnoldy septiano on Selasa, 08 Januari 2013 | 10.00

HARSEM/HARTATIK SM NETWORK
Mahasiswi FIB Undip Ikuti Student Exchange


SALAH satu mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip atas nama Galuh Agliesta Erawati Sutopo akan mengikuti Student Exchage ke Thailand. Program yang  diikuti adalah AISEF (Art Immersion and Students Exchange Fieldtrip) yang dibentuk oleh organisasi bernama AYFN ( Asean Youth Friendship Network).

Menurut Pembantu Rektor III, Warsito SU, program student exchange atau pertukaran pelajar ini akan dilaksanakan di Universitas Chiang Mai ,Chiang Mai, Thailand pada tanggal 1-13 Februari 2013.

Mengenai keberhasilan salah satu mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut, dirinya mengatakan, hal tersebut sangat penting dicapai demi merealisasikan visi Undip menjadi universitas riset yang unggul.
"Kita memang mendorong para mahasiswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini, diharapkan dengan

adanya pertukaran pelajar ini akan dapat memberikan manfaat bagi mereka setelah selesai kuliah nanti," ungkapnya.

Saat ini Undip juga terus mendorong para mahasiswa untuk dapat ikut berkompetisi baik tingkat nasional maupun internasional dalam rangka mengikuti lomba penelitian ilmiah. "Untuk itu pada tahun 2013, Undip akan menyediakan dana riset untuk para mahasiswa kurang lebih 400 juta,” tuturnya.

Komunitas ASEAN
Sementara itu, terkait pencapaian ini, Galuh mengatakan  200 mahasiswa yang mendaftar dari seluruh Indonesia dan mengikuti seleksi hanya terpilih 20 mahasiswa. "Mahasiswa yang terpilih diantaranya berasal dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran,” ujarnya.
Galuh menambahkan, selama di Thailand dia akan melakukan beberapa kegiatan di antaranya adalah belajar bahasa Thailand dengan tujuan untuk memudahkannya berinteraksi dengan mahasiswa Thailand.
"Selain itu, saya juga akan mengajar Bahasa Indonesia di Universitas Chiang Mai. Tujuannya adalah  untuk mengenalkan bahasa dan kebudayaan Indonesia di Thailand,” tutur dara asal Kabupaten Boyolali ini.

Dirinya berharap, setelah mengikuti program pertukaran pelajar tersebut, dirinya bisa lebih memahami tentang perbedaan budaya dari negara-negara ASEAN.

"Selain itu, saya juga berharap, agar dengan adanya program ini hubungan antar pemuda di ASEAN semakin erat dan dapat membentuk suatu komunitas pecinta ASEAN," tandasnya. (awi/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger