Home » , » Undip Kerjasama dengan Belanda

Undip Kerjasama dengan Belanda

Written By arnoldy septiano on Selasa, 29 Januari 2013 | 09.11

HARSEM/DOK
Prof Sudharto P Hadi

KERJASAMA Fakultas Kedokteran (FK) Undip dengan Radboud University Nijmegen yang sudah berlangsung selama 25 tahun memotivasi fakultas lain untuk melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dari Belanda tersebut.

Pembantu Rektor bagian Pengembangan dan Kerjasama, Prof Sultana M Faradz mengatakan, kerjasama tersebut mulai dari penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen. “Bahkan saat ini ada dosen dari universitas tersebut yang mengajar di program S1 dan S2 di FK Undip selama satu tahun ke depan,” ujarnya dalam presentasi ‘Medal of Honor in International Collaboration’ di ruang sidang senat rektorat Undip Tembalang, kemarin.

Sementara itu, rektor dari Radboud University Nijmegen, Prof Sebastian Kortmann mengatakan, MoU tersebut tidak langsung dilakukan di tingkat universitas, tetapi kerjasama di fakultas terlebih dahulu. “Setelah itu berlangsung, baru diresmikan dengan MoU,” ujarnya kepada wartawan usai acara.
Dia mengatakan, jika para staf mulai dari dosen hingga mahasiswa di fakultas tersebut mau

mengembangkan kerjasama dengan serius maka tingkat kesuksesannya jauh lebih tinggi.  “Ini dimulai dari perkenalan dari para dosen itu, baru diangkat ke MoU,” jelasnya.

Di masa yang akan datang, kerjasama tidak hanya dengan fakultas kedokteran, tetapi juga dengan fakultas lain. “Ini yang sudah memulai selain kedokteran adalah hukum, selanjutnya Fakultas MIPA yang akan menjalin kerjasama, terutama di bidang pengajaran,” ujarnya.

Selama ini, masalah yang masih dihadapi yaitu di bahasa. “Tidak semua dosen dan mahasiswa Undip bisa berbahasa Inggris atau Belanda. Begitu juga sebaliknya, mahasiswa dan dosen Belanda tidak semua bisa berbahasa Indonesia,” ujarnya.

Namun demikian, jika ada mahasiswa atau dosen yang akan dikirim ke Indonesia, terlebih dahulu mereka mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. “Walaupun itu hanya bersifat ‘survivol’ atau untuk percakapan sehari-hari. Tapi di perkuliahan mereka tetap menggunakan bahasa Inggris,” ujarnya.

Rektor Prof Sudharto P Hadi mengatakan, kerjasama yang sudah dilakukan antara FK dengan Radboud University Nijmegen di antaranya pertukaran mahasiswa dan dosen, kunjungan profesor, pembangunan laboratorium, pelatihan di bidang kedokteran. (awi/nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger