Home » , , , » LPPSP Peduli Lingkungan di Kampus

LPPSP Peduli Lingkungan di Kampus

Written By amoy ya annisaa on Kamis, 07 Juni 2012 | 13.37

Indra Kertati (HARSEM/ARIS WASITA WIDIASTUTI)

SEMARANG- Gagasan Go Green lahir dari rasa keprihatinan pada suhu permukaan bumi yang semakin panas. Untuk itu, LPPSP (Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan) bekerjasama dengan Fisip Untag Semarang menggelar seminar bertema Go Green: Only One Earth, One Family, Care and Share, kemarin.

Direktur LPPSP, Indra Kertati mengatakan, kegiatan ini kepedulian terhadap lingkungan. “Kami melakukan gerakan kepedulian, ini pertama di lingkungan perguruan tinggi, dan selanjutnya akan sampai di masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan, pihaknya akan menciptakan gerakan-gerakan kecil untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya kualitas lingkungan itu. “Seperti saat ini kami sedang menginisiasi tentang pengembangan perlindungan mangrove yang ada di Demak. Ada tiga desa yang akan dikembangkan,” urainya.

Selain itu, pihaknya akan mendirikan SMART (sekolah lapang mangrove untuk rakyat). “Siapapun boleh masuk kesana gratis, dan ini adalah proses pembelajaran kepada masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan, mangrove menjadi buffer (penyangga) yang sangat baik untuk mengurangi rob. “Semakin banyak orang yang peduli terhadap ini, maka akan mendirikan SMART di beberapa tempat supaya orang kemudian boleh belajar. Misalnya kenapa kita harus melindungi mangrove, kenapa harus melindungi lingkungan kita,” urainya.

Dari situlah, masyarakat memiliki keinginan untuk mengembangkan budaya mencintai lingkungan menjadi sebuah sistem yang habbit dalam kehidupan sehari-hari. “Pada 5 Juni ini kami memulai gerakan ini,” kata dia.

Dirinya mengatakan, sebetulnya sudah ada beberapa program yang dilakukan. “Tapi kami ingin memulai fokus, tujuannya go green menjadi sebuah perilaku hidup yang dengan sengaja didesain, bumi ini satu mangkok, tidak bisa sendiri-sendiri. Dalam hal ini kami ingin mengembangkan potensi lokal,” jelasnya.

Sementara itu, Pembantu Dekan III Untag Harsoyo mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen khususnya untuk perguruan tinggi agar kondisi lingkungan di sekitar semakin baik.

“Maka dengan latar belakang ini, kami kerjasama dengan ini penyadaran atau edukasi, dimana ke depannya agar kampus Untag bisa lebih peduli kepada lingkungan,” tandasnya. (awi/15) 

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger