Home » , , , , , » Penerima Bidikmisi Jangan Terlena

Penerima Bidikmisi Jangan Terlena

Written By amoy ya annisaa on Kamis, 14 Juni 2012 | 14.07


SEMARANG- Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, tahun ini pihaknya akan mengajukan penambahan kuota penerima beasiswa bidik misi dari 600 menjadi 1.000 mahasiswa. Dia mengimbau para mahasiswa penerima beasiswa tersebut untuk mempertahankan prestasi akademiknya.

''Ketika sudah dinyatakan diterima, kami berharap mereka tidak terlena dan bisa mempertahankan nilai yang sudah bagus sejak di bangku sekolah,'' tandasnya. Undip menetapkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa penerima beasiswa bidik misi selama empat semester minimal 2,75. Mereka yang memiliki nilai di bawah standar minimal ini diharuskan mengikuti pembinaan intensif Pembantu Dekan III di masing-masing fakultas.

Kabag Kesejahteraan Mahasiswa Undip Retno Nur Kadarwati mengatakan, hingga periode kedua (2010-2011) mahasiswa penerima bidikmisi berjumlah 725 orang. Dari jumlah itu, nilai IPK sembilan orang mahasiswa mencapai 4,0.

''Mereka yang nilai IPK di bawah 2,75, kurang dari 10 persen. Kami meminta Pembantu Dekan III melakukan pembinaan secara intensif terhadap mereka yang memiliki nilai di bawah standar minimal tersebut, '' ujarnya, didampingi Kasubag Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Damami, belum lama ini.

Tidak dimungkiri, mereka yang nilainya di bawah standar minimal ini cenderung mengalami kesulitan dalam penyesuaian di kampus. Sebelumnya, di SMA proses pembelajaran bergantung pada guru tapi kini mereka mesti mandiri. Rasa minder juga ditengarai mengurangi kepercayaan diri mereka dalam pergaulan. Pasalnya, mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi ini berlatar belakang dari keluarga ekonomi lemah.

Untuk menumbuhkan kepercayaan diri mereka, pihaknya mengadakan pelatihan kepemimpinan Emotional Spiritual Quotient (ESQ LC). Kegiatan itu telah dilangsungkan Sabtu (9/6), di Akpol dengan mendatangkan motivator dari Jakarta, Ary Ginanjar Agustian. Dalam kegiatan itu, mahasiswa penerima bidik misi angkatan I (225 orang) dan angkatan II (500) dibekali rasa nasionalisme dan nilai-nilai perjuangan Diponegoro.

Sedangkan pembinaan prestasi akademik, mereka diberi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan mengikuti kursus. Selain itu, mereka juga akan dibekali pelatihan karya ilmiah. Hal itu bisa meningkatkan peluang mahasiswa untuk mengakses dana penelitian dari Dikti. (J9/JBSM/15)

Share this article :

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger