Home » , , , , » Biaya Masuk FK Undip Turun Rp 45 Juta -Jalur PSSB Kemitraan

Biaya Masuk FK Undip Turun Rp 45 Juta -Jalur PSSB Kemitraan

Written By amoy ya annisaa on Selasa, 24 Juli 2012 | 09.51

PANTAU UM: Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi tengah memantau pelaksanaan Ujian Mandiri, Minggu (22/7) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Kampus Tembalang. Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini diikuti 14.944 siswa di 14 kota besar se-Indonesia dan memperebutkan 3.734 kursi. (HARSEM/JBSM/HARTATIK)

 
SEMARANG- Biaya masuk Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) berupa Sumbangan Pengembangan Manajeman Pendidikan pada jalur Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) Kemitraan tahun ini, turun sebesar Rp 45 juta.

Penurunan tersebut jika dibandingkan dengan tahun lalu yang besarannya mencapai Rp 225 juta.  ''Dari hasil rapat terakhir, SPMP Fakultas Kedokteran kami turunkan dari Rp 225 juta menjadi Rp 180 juta. Tidak hanya SPMP pada jalur PSSB Kemitraan saja yang mengalami penurunan, tapi juga berlaku untuk jalur SNMPTN dan Ujian Mandiri,'' katanya, kemarin.

Menurutnya, SPMP merupakan salah satu komponen biaya pendidikan yang dikenakan bagi mahasiswa yang mampu. “Sedangkan SPMP pada jalur PSSB Kemitraan kenapa lebih tinggi, dipergunakan untuk peningkatan mutu akademik sekaligus memberikan subsidi bagi mahasiswa yang tidak mampu.”

Sebagaimana diketahui Undip berkewajiban menerima mahasiswa tidak mampu sebesar 20 persen dari daya tampung sekitar 8.000 mahasiswa. Fakultas Kedokteran sendiri, memiliki daya tampung sebanyak 200 mahasiswa.

Jumlah itu terdiri atas SNMPTN jalur undangan (57 orang), SNMPTN ujian tulis (228), Ujian Mandiri (100), dan PSSB Kemitraan (60). Adapun FK memiliki tiga prodi meiputi Kedokteran Umum, Ilmu Keperawatan dan Ilmu Gizi.

Berdasarkan pantauan pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) PSSB Kemitraan, Minggu (21/7) di Gedung Widya Puraya Tembalang, diikuti  1.277 orang. Dari jumlah itu, Fakultas Kedokteran masih menjadi favorit dengan peserta sebanyak 274 orang. 

''Tes Potensi Akademik untuk peserta PSSB Kemitraan ini mengujikan 350 soal psikotes. Dilanjutkan wawancara psikotes pada Senin besok,'' imbuhnya.

Sedangkan UM digelar pada Minggu  (22/7), dengan pendaftar sebanyak 14.944 orang. Mereka memperebutkan 1.277 kursi. Adapun besaran SPMP bagi calon mahasiswa jalur UM di Fakultas Kedokteran turun dari Rp 125 juta menjadi Rp 120 juta. (J9/awi/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger