Home » , , , , , , » Pagelaran Teater EMKA FIB Undip, Survei Dulu Sebelum Pentas

Pagelaran Teater EMKA FIB Undip, Survei Dulu Sebelum Pentas

Written By amoy ya annisaa on Senin, 09 Juli 2012 | 14.13


SEMARANG- Teater EMKA adakan pagelaran teater di Kelurahan Sendangguwo, belum lama ini. 
Pada pementasan tersebut, Teater EMKA mengangkat isu lama mengenai kondisi di Kelurahan Sendangguwo. 

Sutradara pementasan Heri Irfani mengatakan, sejak zaman Sukawi masih menjabat sebagai Walikota Semarang, warga dibuat tidak nyaman dengan adanya informasi mengenai jembatan di daerah tersebut yang akan diperlebar.

"Jika diperlebar, tentu saja jalan juga dilebarkan. Dan pada akhirnya itu akan menggusur sejumlah rumah penduduk yang akan dijadikan jalan," jelasnya. Untuk itu, diadakanlah pagelaran yang berjudul 'TUK' ini. "Untuk judulnya, kami mengambil cerita yang ditulis oleh Bambang Widoyo SP, seorang seniman asal Solo," jelasnya.

Tuk atau sumber air merupakan sumber dari penghidupan masyarakat sekitar. "Di Sendangguwo katanya dulu pernah ada sendang juga, untuk itu kami ingin mengangkat ini," jelasnya. 

Pada intinya, cerita dari pemerintahan tersebut menyentil kepedulian pemerintah terhadap masyarakat dari golongan bawah. "Jangan sampai merugikan masyarakat, karena toh sampai saat ini belum jelas berapa besar ganti rugi yang akan diterima masyarakat jika tanahnya digusur oleh pemerintah," kata dia.

Untuk menyelami cerita tersebut, beberapa bulan sebelum pementasan, sejumlah anggota EMKA yang terdiri dari mahasiswa FIB (Fakultas Ilmu Budaya) Undip ini melakukan survei di kelurahan tersebut. "Jadi kami tidak ingin main-main dalam menyampaikan pesan ini," ujarnya.

Dalam pementasan ini, ada 10 mahasiswa FIB yang terlibat. "Untuk lama pentasnya 2 jam 20 menit," tandas mahasiswa semester 8 jurusan Sastra Indonesia ini. Sementara itu, respon dari warga sekitar sangat baik. "Kami juga tidak menyangka mereka sangat merespon baik pementasan ini, bahkan jalan-jalan sampai dipenuhi penonton," jelasnya. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger