Home » , , , , , » Pembukaan Klinik Kesehatan Unissula Banyak Warga Kelebihan Gula Darah

Pembukaan Klinik Kesehatan Unissula Banyak Warga Kelebihan Gula Darah

Written By amoy ya annisaa on Senin, 02 Juli 2012 | 14.38

PERIKSA KESEHATAN: Petugas klinik kesehatan Unissula Semarang di Kelurahan Penggaron Lor sedang memeriksa kondisi kesehatan warga setempat.
(HARSEM/WARA MERDEKAWATI)


SEMARANG- Pada pembukaan hari pertama klinik kesehatan Unissula Semarang di Kelurahan Penggaron Lor Kecamatan Genuk, kemarin, banyak orang tua yang memeriksakan kondisi kesehatannya.

Dari situ diperoleh, banyak yang kelebihan kadar gula. Salah satu dokter muda yang sedang berpraktek, Fandi Hazi Alfata (23) mengatakan, untuk pembukaan ini banyak yang memeriksakan tensi darah serta gula darah.

“Kalau untuk tensinya banyak yang normal, tapi untuk gula darahnya banyak yang kelebihan, terutama dari orang tua,” jelasnya kepada Harsem di sela pemeriksaan. 

Tak hanya memeriksa, namun dirinya bersama beberapa rekan lain juga memberikan penyuluhan kepada para pasien untuk lebih mengontrol pola makan. “Seperti mengurangi gula di setiap makanan maupun minuman yang dikonsumsi serta mengurangi konsumsi nasi putih,” jelasnya.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Kedokteran Unissula, Dr dr H Taufiq R Nasichun MKes Sp And pada acara launching kelurahan binaan Fakultas Kedokteran Unissula yang diadakan di Kelurahan Penggaron Lor tersebut mengatakan, ide mengenai kelurahan binaan ini sudah dimulai sejak tahun 2007.

“Namun mulai terealisasi pada tahun 2010. Setelah melakukan survei lapangan dan beberapa proses lain, akhirnya kerja sama secara formal baru dilakukan pada tahun ini, salah satunya dengan membuka klinik kesehatan,” jelasnya.

Dirinya berharap agar klinik tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat. “Ke depannya, kami juga ingin menjadikan kelurahan ini sebagai cyber village atau kelurahan yang dilengkapi dengan teknologi informasi,” jelasnya pada acara di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islam itu.

Selain itu, diharapkan agar kesehatan para warga di Kelurahan Penggaron Lor semakin baik dan meningkat. “Kami juga berharap agar Dinas Kesehatan Kota Semarang mau men-support desa ini untuk bidang kesehatannya,” jelasnya.

Sedangkan untuk Unissula sendiri, dirinya berharap agar dalam jangka panjangnya, klinik tersebut bisa menjadi tempat praktik para mahasiswa Kedokteran Unissula. “Sehingga mereka bisa menerapkan ilmu yang diperoleh selama duduk di bangku kuliah,” ujarnya.

Sementara itu, asisten I Bidang Tata pemerintahan Kota Semarang, Adi Trihananto mewakili Plt Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan kelurahan binaan ini. “Apalagi masih ada ratusan warga yang tergolong sangat miskin,” ujarnya.

Pemicunya yaitu kurang sejahteranya masyarakat. “Terlebih lagi di sisi kesehatan, penghasilan yang tidak tetap serta tergantung pada cuaca,” jelasnya. Selain itu, banyak warga sekitar yang bekerja sebagai buruh tani, pabrik serta bangunan. “Apalagi banyak dari mereka yang harus di-PHK serta kurangnya lapangan pekerjaan,” jelasnya. (awi/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger