Home » , , , » Tertarik Sejarah Karena Guru

Tertarik Sejarah Karena Guru

Written By amoy ya annisaa on Senin, 23 Juli 2012 | 11.17


Awal ketertarikan Rabith Jihan Amaruli terhadap ilmu sejarah berawal ketika salah seorang guru SMA bisa menyampaikan materi pelajaran sejarah dengan menarik.

"Beliau sering bercerita kepada kami. Hingga kami benar-benar memperhatikan dan membuat kami tertarik," jelas dosen Jurusan Sejarah Undip ini.

Selain itu, dirinya dari awal memang tertarik dengan ilmu sosial. "Mulai sejak SMA, saya sudah tertarik ilmu sosial," jelas ayah satu putri ini.

Dirinya mengaku, terkadang merasa prihatin dengan anak-anak muda jaman sekarang yang tidak tertarik pada sejarah. "Karena seolah mereka tidak punya masa lalu," terang pria kelahiran Temanggung 19 Juli 1983 ini.

Diakuinya, kecenderungan saat ini, banyak orang mulai melupakan ilmu sejarah. "Terlihat dari tidak terlalu banyaknya mahasiswa yang masuk di jurusan Sejarah," jelasnya.

Upaya yang dilakukan untuk mencintai sejarah, diantaranya mulai mencintai sejarah yang berasal dari sekitarnya. "Misalnya mulai memahami Kota Semarang, karena saya yakin pasti banyak yang belum tahu seluk-beluk Semarang, salah satunya dengan bangunan-bangunan bersejarah," ujar dosen yang mengajar mata kuliah Metode Sejarah, Sejarah Islam serta Sejarah Barat/Eropa ini.

Sementara itu, mengenai karir, dirinya memang bercita-cita menjadi seorang pengajar. "Apalagi ayah saya dulu juga ngajar di IAIN Walisongo. Itu juga yang memotivasi," kata dia.

Akhirnya, setelah lulus dari S2 Ilmu Sejarah Undip, saat itu pula ada kesempatan untuk menjadi dosen. "Undip membuka formasi untuk dosen Sejarah, alhamdulillah saya diterima," jelasnya yang sudah bergabung dengan Undip sejak tahun 2009 lalu ini.(Awi/14)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger