Home » , , , , , , » Ketahuan Mampu, Bidikmisi Bisa Dialihkan -Unnes Salurkan 1.670 Beasiswa Bidikmisi

Ketahuan Mampu, Bidikmisi Bisa Dialihkan -Unnes Salurkan 1.670 Beasiswa Bidikmisi

Written By amoy ya annisaa on Kamis, 30 Agustus 2012 | 09.40

SERAHKAN BIDIKMISI: Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo menyerahkan beasiswa Bidikmisi kepada mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013, kemarin di kampus Unnes Sekaran. (HARSEM/JBSM/ANGGUN PUSPITA)

SEMARANG- Perguruan tinggi yang mengalokasikan Bidikmisi dapat mencabut hak beasiswa dari penerima jika dalam perjalanan yang bersangkutan ketahuan dari kalangan mampu. Beasiswa tersebut akan dialihkan bagi mahasiswa miskin tapi berprestasi yang lebih membutuhkan.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo pada saat menyalurkan Bidikmisi kepada mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013, Selasa (28/8), di kampus Unnes Sekaran Gunungpati. Dia mengatakan, sangat mungkin Bidikmisi dialihkan kepada mahasiswa yang lebih membutuhkan, jika mahasiswa yang menerima sebelumnya ketahuan dari kalangan mampu.

''Dari tinjauan dan pengawalan yang kita lakukan selama ini, memang ada salah satu mahasiswa yang sebelumnya dari kalangan tidak mampu namun dengan berjalannya waktu ada perbaikan ekonomi di keluarganya. Sehingga akan kami lakukan pemindahan ke mahasiswa yang lebih membutuhkan beasiswa tersebut,'' ungkapnya, kemarin.

Dalam menyalurkan Bidikmisi dari pemerintah, Unnes mengambil peran secara utuh dengan segala konsekuensinya. Artinya, tidak hanya memberi kemudian melepas begitu saja para mahasiswa penerima, tetapi juga menciptakan komunikasi yang baik dan bimbingan secara intens.

Adapun, pada tahun akademik 2012/2013 ini Unnes kembali menyalurkan Bidikmisi dengan jumlah terbanyak dan tercepat se-Indonesia, yakni 1.750 beasiswa di waktu penerimaan mahasiswa baru. Namun pada tahap pertama ini baru tersalur 1.670 beasiswa, sedangkan sisanya menunggu proses verifikasi dari calon mahasiswa yang mengikuti seleksi di prodi-prodi yang baru dibuka oleh Unnes.

''Dalam buku tabungan mahasiswa baru penerima Bidikmisi tersebut sudah ada saldo Rp 600 ribu untuk biaya hidup bulan Agustus. Karena mereka kuliah di Unnes kan juga butuh biaya untuk makan, kos, atau beli buku,'' kata Rektor.

Sementara itu, berdasarkan rekaman data akademik jumlah peminat Bidikmisi di Unnes pada tahun ini mencapai 22.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun untuk dapat diterima mereka harus lolos seleksi secara akademik, verifikasi, dan survei lapangan.

Ketua Panitia Bidikmisi Unnes, Alamsyah menyampaikan, kuota Bidikmisi yang didapatkan Unnes pun meningkat pada tahun ini, yaitu mencapai 1.750 beasiswa. Tahun 2010, Unnes menyalurkan 400 beasiswa, dan 2011 memberikan 1.450 beasiswa kepada mahasiswa miskin berpretasi.

''Secara rinci 1.670 mahasiswa yang mendapat Bidikmisi di Unnes terdiri dari 400 orang laki-laki dan 1.270 perempuan. Mereka berasal dari FIP (268), FBS (285), FIS (210), FMIPA (304), FT (174), FIK (121), FE (268), dan FH (40),'' tuturnya. (K3/JBSM/15)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger