Home » , , , » Dosen IKIP PGRI Belajar Termoakustika di Jepang

Dosen IKIP PGRI Belajar Termoakustika di Jepang

Written By nur rochkimatul on Kamis, 24 Oktober 2013 | 09.43

Dosen jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP PGRI Semarang, Irna Farikha berpamitan dengan Rektor IKIP PGRI Semarang Dr Muhdi didampingi Dekan FPMIPA Nizaruddin,  sebelum bertolak ke Jepang untuk studi S-3.
SEMARANG-Salah satu dosen IKIP PGRI Semarang memiliki kesempatan untuk belajar tentang ilmu Termoakustika (thermoacoustic) di Tokyo University Agriculture and Technology, Jepang. Dosen jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP PGRI Semarang, Irna Farikha mendapatkan beasiswa S-3 (Doktor) untuk studi selama tiga tahun.

Termoakustika adalah suatu bidang yang berhubungan dengan fenomena fisis di mana perbedaan suhu dapat membangkitkan gelombang bunyi, dan sebaliknya gelombang bunyi dapat menghasilkan perbedaan suhu. Irna akan mempelajari Termoakustika khususnya di bidang Fisika terapan atau aplikasi.
   
Mantan Mahasiswa Berprestasi IKIP PGRI dan Kopertis VI tahun 2007 itu menjelaskan, alasan dirinya memilih fokus pada Termoakustika karena bidang tersebut dapat dipelajari dengan alat sederhana.   

“Beberapa waktu lalu pun saya sudah membuat alat Termoakustika dari loudspeaker dan dihubungkan pada pralon yang ditumpuki mika. Hasil dari pengembangan penelitian tersebut adalah dapat memanfaatkan limbah gas buang AC atau kulkas menjadi energi listrik. Selain itu saya juga membuat prototipe Termoakustika yang berfungsi mengetahui berapa banyak suhu,'' kata perempuan kelahiran Semarang 10 Januari 1984 itu.
  
 Selama tiga tahun kedepan Irna akan belajar di Department Bio Application and System Engineering Tokyo University dari beasiswa pascasarjana luar negeri yang dibiayai oleh Kemdikbud.
   
Sementara itu, Rektor IKIP PGRI Semarang Dr Muhdi mengatakan, bahwa Irna Farikha merupakan dosen pertama yang mempelajari Termoakustika hingga ke luar negeri. Tentu saja pihak kampus bangga dan mengapresiasi kompetensi dosen yang mendalami atau fokus pada bidang tertentu.
   
''Di samping itu IKIP PGRI terus memacu dosen lain untuk studi lanjut baik di dalam atau luar negeri. Bahkan kami menargetkan setiap tahun ada 10 hingga 15 dosen untuk melanjutkan kuliah di jenjang S-2 atau S-3,'' katanya. (K3/SMNetwork/njs)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger