Home » » Dana BOS Mendiknas Minta Bupati & Walikota Tobat

Dana BOS Mendiknas Minta Bupati & Walikota Tobat

Written By deuii phiitriie on Kamis, 11 Agustus 2011 | 12.53

MENTERI Pendidikan Nasional M Nuh menyatakan 39 kabupaten/kota belum menyalurkan bantuan operasional sekolah (BOS) periode triwulan kedua. Dana seharusnya telah disalurkan ke sekolah paling lambat Juni 2011. Nilai yang belum disalurkan sekitar Rp 300 miliar.

Nuh mengimbau agar bupati/wali kota segera menyalurkan dana tersebut. "Pak Bupati, Pak Wali Kota, tolong ini kan hak murid-murid di kota kalian. Wong uangnya sudah dikirim sejak dulu kala. Tinggal nyalurkan thok. Ayo, kita dorong segera tobat.

Segera salurkan uang itu. Bagi-bagi duit (BOS) aja susah, apalagi cari duit," kata Nuh di Jakarta sebagaimana dikutip dari Kompas.

Nuh juga mengatakan, Kabupaten Supiori, Papua belum menyalurkan BOS sejak triwulan pertama. Ia mengatakan, pihak pemkab memberikan seribu alasan mengapa dana BOS belum disalurkan. Salah satunya, belum ada laporan dari sekolah. Padahal, menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, tak ada keharusan bagi pemda untuk menunggu laporan dari sekolah.

Bagi Nuh, hanya ada satu penyebab mengapa dana BOS belum disalurkan ke sekolah.
"Tidak ada komitmen," katanya.


Pada saat yang bersamaan, Nuh memuji Pemda Banyumas dan Purbalingga yang paling cepat menyalurkan BOS. Pada triwulan III, Banyumas dan Purbalingga hanya membutuhkan satu hari untuk menyalurkan BOS. Kedua kabupaten tersebut menerima dana BOS triwulan III pada 6 Juli 2011, dan keesokan harinya, sekolah telah menerima kiriman dana BOS.


Sebanyak 30 daerah belum menyalurkan dana BOS. Ke-39 daerah tersebut, tidak satu pun dari Jawa Tengah. (nji)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Education - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger